Sambut Idul Fitri, Polri Siapkan Operasi Ketupat Masa Pandemi Covid-19

Antara, · Sabtu 20 Maret 2021 03:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 20 337 2380955 sambut-idul-fitri-polri-siapkan-operasi-ketupat-masa-pandemi-covid-19-NKqDpIiVVh.jpg Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono (Foto: Okezone/Arie Dwi Satrio)

JAKARTA - Mabes Polri menyiapkan pengamanan Operasi Ketupat dalam rangka perayaan Idul Fitri 2021 yang disesuaikan dengan kebijakan pemerintah yang tidak melarang adanya mudik lebaran. 

"Tentunya dari staf operasi akan membuat perencanaan Operasi Ketupat 2021, bagaimana pengamanannya nanti disesuaikan dengan kebijakan pemerintah di masa pandemi," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (19/3/2021).

Baca Juga: Penusuk Polisi di Pandeglang Diduga Gila

Menurut Rusdi, pihaknya tengah menunggu regulasi pemerintah terkait panduan mudik lebaran di masa pandemi. Polri, lanjut dia, siap mengadopsi aturan tersebut yang disesuaikan dengan fungsi pengamanan Polri pada pelaksanaan Operasi Ketupat.

"Itu menjadi hal yang diperhatikan oleh Polri dalam pengamanan mudik 2021," kata Rusdi.

Rusdi menambahkan, jajaran Polri siap mengadopsi aturan pemerintah terkait mudik lebaran pada Operasi Ketupat. "Kami lihat kebijakan pemerintah nanti tentunya Polri akan mengadopsi itu semua dalam penanganan Operasi Ketupat," ujar Rusdi.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengingatkan jajarannya untuk mempersiapkan Operasi Ketupat agar pelaksanaan Idul Fitri aman dan terkendali di masa pandemi.

Hal itu disampaikan Kapolri saat membuka Rakernis Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Tahun 2021 di Bandung, Selasa 16 Maret. Operasi Ketupat adalah sebutan dari kegiatan yang dilakukan oleh Polri untuk mengamankan jalur mudik pada masa Lebaran.

Baca Juga: Salah Satu Terduga Teroris di Sumut Berjualan Bandrek dan Potong Rambut

Permintaan Kapolri soal pengamanan Operasi Ketupat menghadapi Idul Fitri sejalan dengan yang disampaikan Menteri Perhubungan bahwa pemerintah tidak melarang mudik lebaran 2021.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan bahwa pemerintah tidak melarang masyarakat melakukan perjalanan mudik Lebaran pada tahun ini. Pemerintah juga tengah mempersiapkan skenario mudik Lebaran 2021 yang aman di tengah pandemi.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini