Presiden Jokowi Ajak MKGR Gotong Royong Membangun Bangsa di Tengah Covid-19

Haryudi, Koran SI · Jum'at 19 Maret 2021 23:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 337 2380928 presiden-jokowi-ajak-mkgr-gotong-royong-membangun-bangsa-di-tengah-covid-19-4mfZ2TcZOz.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Setpres)

BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh kader, khususnya pengurus baru DPP Ormas Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) untuk bergotong royong, bahu-membahu membantu pemerintah membangun bangsa di masa pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pelantikan DPP Ormas MKGR masa bakti 2020-2025 secara virtual pada Jumat 19 Maret 2021.

"Saya ucapakan selamat kepada seluruh jajaran pengurus, saya ingatkan dua kata yaitu kekeluargaaan dan gotong royong. Sebab, kekeluargaan memang sudah menjadi kultur bangsa, kita satu saudara, satu keluarga, satu bangsa dan se-Tanah Air," kata Jokowi.

Baca Juga:  Jokowi: Penggunaan Kekerasan di Myanmar Harus Segera Diakhiri!

Kepala Negara juga mengajak kepada Ormas MKGR untuk saling membantu mengingatkan, saling menolong satu sama lain. Sebab, inilah jiwa bangsa Indonesia adalah gotong royong, dengan itu mampu menghadapi tantangan dan rintangan.

"Bencana pandemi Covid-19, bangsa tidak akan menyerah justru akan menyatukan kita, semua elemen bangsa turun tangan saling membantu bergerak dan bekerja dalam solidaritas. Saya yakin modal sosial menyangga bangsa kita, dan itu tidak akan lekang oleh waktu baik sebelum dan sesudah pandemi, optimis dan produktif," katanya.

Selain itu, Jokowi juga mengajak Ormas MKGR untuk selalu berkarya dan berinovasi, sebab tantangan bangsa ke depan semakin berat.

"Pandemi tidak boleh menghentikan kita, pandemi justru jadi pijakan bangsa Indonesia untuk melompat lebih tinggi. Banyak peluang yang muncul mampu kita jawab, kita penuhi untuk membangun kekuatan lebih besar, dan lebih mandiri," katanya.

Baca Juga:  Jokowi Harapkan Vaksinasi Covid-19 Secara Drivethru Bisa Dilakukan di Kota Lain

Jokowi juga menyatakan selama 5 tahun terakhir pondasi itu telah diletakan agar negara semakin kompetitif. "Agar pembangunan semakin dirasakan seluruh rakyat yang Indonesia sentris bukan jawa sentris investasi, reformasi birokrasi, dan sudah dimulai dengan UU Cipta Kerja, bahkan aturan turunannya sudah siap," katanya.

Tak hanya itu, sovereign wealth fund juga ekosistem usaha terus dibenahi. Kemudian, lapangan pekerjaan semakin bisa diperluas.

"Dan akan semakin banyak menciptakan lapangan pekerjaan, saya berharap MKGR jadi bagian dari solusi berbagai persoalan bangsa dengan cara bergotong royong, sinergi, karena itu kekuatan bangsa untuk bangkit demi Indonesia maju," ujarnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini