Gus Nabil: Vaksin Astrazeneca dan Sinovac Itu Halal, Jangan Sebar Fitnah!

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 19 Maret 2021 21:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 337 2380894 gus-nabil-vaksin-astrazeneca-dan-sinovac-itu-halal-jangan-sebar-fitnah-EjaJYu9eSG.jpg Foto: Setpres

JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Muchamad Nabil Haroen alias Gus Nabil mendukung program vaksinasi Covid-19 yang digulirkan pemerintah. Menurutnya, Pemerintah saat ini telah bekerja keras untuk menuntaskan program vaksinasi agar sesuai target.

(Baca juga: Rizal Ramli: Ventje Rumangkang Kecewa Demokrat Dikuasai Dinasti Cikeas!)

“Tentu, vaksinasi menjadi langkah penting untuk pengendalian pandemi. Jadi, mendukung program vaksinasi juga sesuai nilai-niai agama, yakni menjaga kemanusiaan, menjaga keselamatan bersama,” ujar Gus Nabil, Jumat (19/3/2021).

Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama menjelaskan, vaksin Astrazeneca dan Sinovac yang digunakan pemerintah Indonesia, itu hukumnya boleh digunakan. Pihak MUI Pusat telah memberikan fatwa bahwa vaksin Sinovac hukumnya halal dan suci.

(Baca juga: KSAD Andika Perkasa Tugaskan Serda Aprilio di Bagian Masak)

“Sedangkan vaksin Astrazeneca meskin ada unsur haram dalam pembuatan, tapi boleh digunakan sebagai obat. Pihak PWNU Jawa Timur menyampaikan bahwa vaksin AstraZeneca pada bagian akhirnya halal dan bisa digunakan sebagai vaksin. Jadi jelas, bahwa kedua vaksin ini boleh digunakan,” bebernya.

Dia menegaskan, jangan ada lagi yang menyebar fitnah dan kabar bohong bahwa kedua vaksin itu tidak jelas sumbernya. Oleh karena itu, harus dukung bersama program vaksinasi.

“Meski sudah divaksin, teman-teman harus terus menjaga protokol kesehatan dan selalu mengontrol diri. Disiplin akan protokol kesehatan dan menjaga diri, merupakan kunci untuk keberhasilan kita bersama-sama mengatasi pandemi ini,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini