KSAD Andika Perkasa Tugaskan Serda Aprilio di Bagian Masak

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 19 Maret 2021 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 337 2380719 ksad-andika-perkasa-tugaskan-serda-aprilio-di-bagian-masak-i3pwLGODuE.jpg Foto: MNC Portal

JAKARTA – Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara mengabulkan permohonan Serda Aprilio Perkasa Manganang dari status sebelumnya seorang perempuan menjadi laki-laki tulen, Jumat (19/3/2021).

Sebagai prajurit TNI AD, tentunya akan ada penyesuaian tugas untuk Manganang setelah menyandang identitas yang baru.

(Baca juga: Puluhan Ribu Warganet Gaungkan Tagar TolakSidangVirtual Dukung HRS)

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa mengatakan, Serda Aprilio akan ditempatkan di satuan Perbekalan dan Angkutan Angkatan Darat. Pasalnya, Andika melihat Serda Aprilio berbakat dalam dunia memasak.

(Baca juga: Serda Aprilio Perkasa Manganang Bakal Jalani Operasi Tahap Dua)

"Akan lebih terpakai potensinya kalau dia saya taruh di tempat yang lebih banyak ke hal-hal lapangan atau praktek. Misalnya, saya akan berpikir lebih pas bagi lanang untuk ditempatkan di perbekalan dan angkutan,”ujar mantan Pangkostrad tersebut.

Dalam tugas barunya nanti Serda Aprilio akan bertugas memasak untuk prajurit TNI AD. “Di seksi perbekalan itu tugasnya antara lain menyiapkan makanan atau memasak," sambung Andika.

Dia memaparkan, di dalam satuan itu, memasak tidak hanya dilakukan oleh perempuan melainkan juga laki-laki. Menurut dia, Aprilio yang kini mendapat panggilan Lanang memiliki bakat natural di bidang masak-memasak lantaran dari kecil sudah diajarkan oleh ibunya.

"Kebetulan, Lanang ini sejak kecil oleh mamanya dididik untuk masak. Sehingga, masaknya ini jago dan itu natural. Kalau prajurit Angkatan Darat Pria di perbekalan misalnya memasak lodeh dia pakai teori oh gulanya mungkin satu sendok takarannya, Kalau dia ini sudah natural," tuturnya.

Jenderal bintang empat ini meyakini ke depannya Aprilio dapat prajurit yang tingkat memasaknya maksimal. Bahkan, bisa disebut sebanding dengan chef atau koki.

"Sehingga dengan potensi cepat belajar, saya yakin suatu saat dia bisa menjadi prajurit perbekalan Angkatan Darat yang mungkin levelnya seperti chef," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, ketika bergabung dengan TNI AD pada Tahun 2016 lalu, Aprilio menjadi anggota Korps Wanita TNI AD (Kowad) dan ditempatkan di Direktorat Ajudan Jenderal (Ajen). Aprilio masuk melalui jalur khusus, mengingat saat itu dirinya atlet bola voli nasional yang berprestasi.

(fmi)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini