Kemenkes Target Vaksinasi 57.630 Lansia Calon Jamaah Haji Selesai Maret

Abdullah M Surjaya, Koran SI · Jum'at 19 Maret 2021 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 337 2380569 kemenkes-target-vaksinasi-57-630-lansia-calon-jamaah-haji-selesai-maret-IifgcL6MfN.jpg Ilustrasi vaksin Covid-19. (Foto: Getty Images)

BEKASI - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menargetkan vaksinasi Covid-19 terhadap 57.630 lansia calon jamaah haji (calhaj), bisa diselesaikan hingga akhir Maret 2021. Saat ini, pemerintah sedang melakukan vaksinasi terhadap seluruh calon jamaah haji di seluruh Indonesia.

Sekjen Kemenkes RI Oscar Primadi mengatakan, pemerintah mewajibkan vaksinasi seluruh calhaj bisa selesai bulan ini. Diharapkan saat mendekati keberangkatan, semua jamaah sudah mendapatkan vaksin.

“Jamaah kita tinggal ready, sudah siap,” kata Oscar saat meninjau vaksinasi lansia calhaj di Stadion Wibawa Mukti, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jumat (19/3/2021).

Baca juga: Bagaimana Nasib Keberangkatan Jamaah Haji 2021? Ini Jawaban Kemenag

Pemerintah hingga kini masih menunggu kepastian dari otoritas Arab Saudi, terkait pelaksanaan ibadah haji di musim haji tahun ini.

Vaksinasi jamaah calon haji, lanjutnya, adalah langkah persiapan pemerintah jika penyelenggaraan ibadah haji tahun ini dapat dilaksanakan.

“Tamu Allah ini tentunya sudah sangat menantikan keberangkatan haji dan pemerintah memfasilitasi, dengan menyiapkan kebutuhan jamaah, termasuk vaksinasi Covid-19,” ujarnya.

Baca juga: Haji 2021, Menag: Penyelenggaraan Haji Tahun Ini Masih Terbuka

Oscar menyebut sejak tahun lalu para jamaah calon haji ini sudah menjalani pemeriksaan kesehatan secara intensif, bahkan sudah diberikan vaksin meningitis.

”Karena orang tua kita ini memang sudah menunggu keberangkatan haji dari tahun lalu yang akhirnya ditunda akibat pandemi,” tegasnya.

Setelah vaksinasi lansia, pemerintah akan melanjutkan pemberian vaksinasi serupa kepada jamaah haji katagori nonlansia yang telah terdaftar sebagai calon jamaah haji tahun ini.

“Untuk jamaah calon haji non-lansia menyusul setelah ini, khan ada tahapan untuk vaksinasi pada masyarakat rentan berkenaan dengan yang lain,” ungkapnya.

Kepala Pusat Kesehatan Haji pada Kemenkes RI Eka Jusuf Singka menambahkan, pihaknya masih menunggu kepastian kuota dari Pemerintah Arab Saudi terkait keberangkatan jamaah calon haji Indonesia.

”Yang paling utama itu ya dibuka tidaknya kuota haji di Saudi. Kita masih menunggu informasi itu sambil melakukan persiapan dan salah satunya adalah vaksinasi ini," ujarnya.

Selain vaksinasi, kata Eka, jamaah calon haji juga diwajibkan mengikuti protokol kesehatan jika memang nanti jadi diberangkatkan.

”Protokol kesehatan harus jalan. Harus diperkuat komitmen semua pihak baik jamaah haji, pemerintah daerah, kepolisian, kementerian, dan lainnya agar terhindar dari infeksi Covid-19,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini