Tega! Ojol Ini Tertipu Orderan Fiktif Rp400 Ribu, Isi Kotak Batu dan Potongan Kain

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 19 Maret 2021 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 337 2380564 tega-ojol-ini-tertipu-orderan-fiktif-rp400-ribu-isi-kotak-batu-dan-potongan-kain-1tn7Qy1RuR.jpg Tangkapan layar media sosial

JAKARTA - Kasus orderan fiktif kembali menimpa salah satu driver ojek online (ojol) di Bali. Yusuf Bachtiar (22) mendapat order GoShop sebuah jam tangan seharga Rp 400 ribu yang ternyata hanya berisikan sebuah batu dan kain.

(Baca juga: Momen Jokowi dan Ridwan Kamil Tinjau Langsung Vaksinasi Massal di Bogor)

Yusuf pun membagikan pengalamannya lewat unggahan Instagram pribadinya @yusufbachtiar17 pada Rabu (17/3/2021). Ia mengunggah sebuah video yang memperlihatkan proses dibukanya paket ‘bodong’ itu, serta kronologi kejadian order fiktif yang dialaminya. Video tersebut akhir viral di media sosial.

“Lagi pandemi gini masih banyak ya orang jahat,” tulisnya membuka cerita.

Meski mengaku sempat ragu, Yusuf akhirnya mengambil orderan itu setelah diyakinkan oleh teman-teman ojolnya. Alamat yang lengkap dan jelas, menjadi salah satu alasan Yusuf memutuskan untuk mengantar paket pesanan itu.

“Jadinya tetap saya ambil, (tapi) ternyata setelah barang sudah saya bayar dan antarkan dengan lokasi yang lumayan jauh, sesampainya disana saya telfon tapi cs (customer) nya terus mereject telfon sampai akhirnya saya tau kalo ini beneran (orderan) fiktif,” tulisnya.

Mengetahui dirinya telah ditipu, Yusuf bertindak cepat mendatangi kantor untuk melaporkan kejadian tersebut. Ia bersama seorang keamanan, akhirnya memutuskan membuka paket tersebut untuk memastikan kebenaran dari order yang diterimanya.

“Saya langsung pergi dari lokasi dan otw kantor. Dan setelah berbicara dengan sekuriti bagaimana baiknya akhirnya kita buka paket yang katanya berisi jam seharga Rp400 ribu itu,” cerita Yusuf.

Dalam video itu, pihak keamanan membuka paket fiktif tersebut sembari direkam oleh Yusuf. Sedari awal Yusuf sudah yakin kalau paket yang dikirimnya tidak berisikan sebuah jam.

“Biasanya batu pak, saya udah sering buka yang gini-gini pak,” balas pihak keamanan pada Yusuf dalam video berdurasi satu menit itu.

Setelah berhasil membukanya, ternyata dugaan sang keamanan benar adanya. Isi paket fiktif yang Yusuf antarkan adalah bongkahan batu dan 2 buah kain bekas. Dia pun nampak kecewa sambil memperlihatkan isi paket dan nota yang diterimanya.

“Jam tangan Oakley couple Rp400 ribu,” tampak tertulis pada sebuah kertas kecil putih.

Yusuf pun mengaku iklhas dan berharap pengalamannya dapat menjadi pelajaran berharga bagi dirinya dan driver lain. Meskipun begitu, ia tetap merasa kesal dengan apa yang menimpanya. Berdoa semoga pelaku order fiktif mendapatkan ganjaran yang setimpal.

“Mungkin ini menjadi pelajaran buat saya dan semuanya agar lebih hati hati lagi ketika mengambil orderan. Untuk yang sudah berhasil menipu semoga baik baik aja ya, soalnya saya sudah berdoa jelek untuk kamu,” tulis Yusuf menutup unggahannya.

(Timothy Putra Noya)

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini