Serda Aprilio Perkasa Manganang Bakal Jalani Operasi Tahap Dua

Riezky Maulana, iNews · Jum'at 19 Maret 2021 13:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 19 337 2380542 serda-aprilio-perkasa-manganang-bakal-jalani-operasi-tahap-dua-WXBww89haQ.jpg Aprilio Perkasa Manganang. (Foto: Riezky M)

JAKARTA - Dokter Spesialis Bedah RSPAD Gatot Soebroto, dr Guntoro menginformasikan, Serda Aprilio Perkasa Manganang akan segera menjalani operasi kedua terkait penyakit hipospadia. Menurutnya, operasi kedua akan berupaya menyambungkan saluran buang air kecil Manganang.

"Saat operasi kedua, akan kita sambung agar yang bersangkutan bisa buang air kecil dari ujung kemaluannya," kata Guntoro di Mabesad, Jakarta Pusat, Jumat (19/3/2021).

Dia menjelaskan, ketika operasi pertama terlaksana, pihaknya telah melakukan tindakan operasi perbaikan, yaitu rekonstruksi untuk memperbaiki saluran buang air kecil, dengan meluruskan alat kelamin yang bengkok. Kemudian, tim dokter membuat lubang saluran di ujung alat kelamin.

Baca juga: KSAD Sudah Siapkan Label Nama Baru untuk Serda Aprilia Manganang

Guntoro menuturkan, operasi tahap kedua itu belum ditentukan detail tanggalnya. Akan btetapi, diperkirakan antara empat sampai enam bulan ke depan.

"Memang ada tindakan berikutnya, rencana operasi kedua, itu akan kita laksanakan empat sampai enam bulan ke depan," katanya.

Dia mengatakan, pada dasarnya operasi penyakit hipospadia membutuhkan dua tahap. Namun bisa saja hanya satu tahap, jika kondisi penyakitnya masih dalam kadar ringan.

Baca juga: Begini Tampilan Aprilia Manganang saat Ikut Sidang Virtual Penetapan Jenis Kelamin

"Kecuali yang ringan sekali dia bisa satu tahap. Tapi untuk kondisi pemohon ini, cukup berat jadi memerlukan dua tahap operasi," ungkapnya.

Tujuan dilakukannya operasi tersebut, selain agar Manganang bisa buang air kecil dengan normal, juga untuk Manganang dapat bereproduksi. Menurut dia, hingga saat ini belum diketahui penyebab hipospadia Manganang.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini