Ini Foto dan Sosok Fahim Pimpinan Puluhan Terduga Teroris di Jatim

Dimas Choirul, MNC Media · Kamis 18 Maret 2021 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 337 2379944 ini-foto-dan-sosok-fahim-pimpinan-puluhan-terduga-teroris-di-jatim-LKl0WCeHnJ.jpg Fahim, otak kelompok teroris di Jatim. (Foto: Dimas Choirul)

JAKARTA - Sebanyak 22 terduga teroris kelompok Fahim, anggota jaringan Jamaah Islamiyah (JI) yang ditangkap di Jawa Timur, tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (18/3/2021) pukul 12.20 WIB. Kelompok ini dipimpin Fahim, otak segaligus pimpinan JI.

Pantauan reporter MPI, para teroris tersebut satu per satu mulai turun dari pesawat. Mereka dikawal ketat oleh tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri. Sosok Fahim turun paling terakhir.

"Nah, yang turun paling terakhir itulah si Fahim itu. Itu ah sering disebut kelompok Fahim. Fahim itu nama orang yang turun terakhir tadi," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (18/3/2021).

Fahim mengenakan baju tahanan berwarna oranye. Tangan dan kakinya diborgol sama seperti tahanan lain yang sudah turun sebelumnya. Ia dikalungi identitas bertuliskan 'UBS alias F’. Fahim memiliki perawakan gemuk dengan rambut minimalis. 

Baca juga: Dikawal Ketat, 22 Terduga Teroris dari Jatim Tiba di Jakarta

Rusdi mejelaskan, penangkapan 22 teroris itu tersebar di wilayah Jawa Timur, yakni Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Kediri, Malang dan Bojonegoro. Dalam penangkapan tersebut, lanjut Rusdi, Densus 88 mengamankan beberapa macam senjata hingga buku-buku bertema jihad. 

"Satu pucuk senpi jenis FN dengan 50 butir pelurunya, kemudian beraneka macam sajam dalam bentuk samurai, pedang pisau, panah, busur, yang setiap saat bisa dipakai untuk melaksanakan aksinya. Juga mengamankan berbagai macam buku yang mayoritas berisi tentang aktivitas jihad," bebernya. 

Baca juga: Mahfud : Bukan Perbedaan Agama, yang Harus Dilawan Adalah Ketidakadilan dan Korupsi

Sampai saat ini tercatat ada 6.000-an kelompok dan simpatisan dari Jamaah Islamiyah yang tersebar di Indonesia. Oleh sebab itu, Rusdi mengatakan, Densus 88 bakal terus melakukan pengejaran terhadap mereka yang diduga merupakan anggota maupun simpatisan kelompok tersebut.

"Masih dikembangkan lagi oleh Densus untuk betul-betul kelompok Fahim ini bisa diselesaikan di Jatim. Jadi sudah 22," pungkasnya. 

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini