Jurnalis Penyintas Covid-19 Akan Mendapatkan Vaksin

Tim Okezone, Okezone · Kamis 18 Maret 2021 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 337 2379800 jurnalis-penyintas-covid-19-akan-mendapatkan-vaksin-4IuyJHJtMp.jpg Dewan Pers (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Program vaksinasi bagi jurnalis dan pekerja media tahap kedua sudah rampung dilaksanakan. Dewan Pers akan kembali mengupayakan agar jurnalis yang belum mendapat vaksin Covid-19, bisa segera divaksin. Terutama bagi jurnalis yang pernah terpapar virus corona.

"Nggak usah khawatir. Pemerintah akan vaksinasi 70% warga Indonesia, termasuk jurnalis. Nanti kita akan usahakan," kata anggota Dewan Pers Arif Zulkifli, Kamis (18/3/2021).

Rencana Dewan Pers untuk mengusahakan vaksin lanjutan bagi jurnalis penyintas Covid-19 disampaikan saat membuka Uji Kompetensi Jurnalis Televisi (UKJTV) yang diselenggarakan MNC di Hotel Sari Pacific, Jakarta. Sertifikasi bagi jurnalis itu, difaslitasi Dewan Pers dan Bappenas, dan diikuti 52 jurnalis televisi dari news MNC Group.

Baca juga: Standarisasi Kemampuan, Jurnalis MNC Ikuti Uji Kompetensi Wartawan Dewan Pers

"Jurnalis adalah agen dari publik, dan masuk dalam golongan esensial public worker," kata Arif.

Baca juga: Ketua Dewan Pers Sebut Lawan Utama Media Massa Adalah Gempuran Disrupsi Digital

Menurut Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers Dewan Pers itu, jurnalis berperan menyuarakan kepentingan publik. Pentingnya menyampaikan informasi tersebut, membuat jurnalis perlu meningkatkan kompetensi, terlebih di era kemerdekaan pers saat ini.

"Penggunaan sumber anonim boleh, tapi dengan mengutip sumber anomin, maka tanggungjawab berpindah ke wartawan," katanya.

Penggunaan sumber anonim harus memenuhi syarat yakni, harus lebih dari satu sumber dan informasi yang bersifat opini harus diubah menjadi fakta. "Cover both side, sekarang sudah lebih luas lagi menjadi cover all side," katanya menambahkan.

Uji Kompetensi Jurnalis Televisi berlangsung selama dua hari. Sertifikasi jurnalis televisi itu, diikuti tiga profesi, reporter, cameraman dan visual editor.

"Uji Kompetensi Jurnalis Televisi menjadi bagian penting untuk meningkatkan profesionalitas jurnalis,” kata Pemimpin Redaksi iNews Apreyvita Wulandari dalam sambutannya saat membuka UKJTV.

“Kita akan terus menambah jumlah jurnalis televisi melalui Uji Kompetensi,” katanya menambahkan.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini