Share

Lebih Baik Tetap di Rumah Ketimbang Mudik Lebaran

Dita Angga R, Sindonews · Kamis 18 Maret 2021 05:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 337 2379612 lebih-baik-tetap-di-rumah-ketimbang-mudik-lebaran-xKNF5wWbYz.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah hingga kini masih belum mengeluarkan keputusan terkait mudik lebaran tahun ini apakah dilarang atau diperbolehkan. Epidemiolog Griffith University, Dicky Budiman mengatakan bahwa lebih baik jika lebaran tahun ini masyarakat tetap berada di rumah.

“Harus ditekankan lagi bahwa sebaiknya tetap di rumah pada lebaran ini. Karena situasi belum teratasi dengan baik. Karena dengan menunda perjalanan lebih memilih di rumah akan berkontribusi dalam mencegah potensi penyebaran. Bahkan meskipun kita sudah divaksinasi. Tetap harus melakukan pembatasan mobilitas, interaksi,” katanya, Kamis 18/3/2021).

Dia mengatakan bahwa lebih baik mudik tetap dilarang sebagaimana tahun lalu. Pasalnya jika diperbolehkan mudik akan membuka mobilitas oleh masyarakat. Padahal jika mobilitas tinggi maka penyebaran bisa meningkat.

“Betul setiap mobilitas penduduk akan sangat meningkatkan potensi penyebaran. Oleh karena itu dalam kondisi saat ini tidak disarankan melakukan aktivitas mudik,” ungkapnya.

Dia juga menambahkan bahwa saat ini sedang ada mutasi virus baru covid-19 yang lebih cepat menular. Maka pelarangan mudik menjadi sebuah keharusan.

“Apalagi dengan ancaman strain baru yang jauh lebih cepat menular dan bisa meningkatkan kematian. Jadi saya sangat menyarankankan sangat selektif untuk kepergian ini,” ujarnya.

Baca Juga : Prabowo Tegaskan Kapal Selam Alugoro Bukan untuk Gagah-gagahan

Dicky mengatakan agar pemerintah tegas karena jika tidak maka akan kontraproduktif dengan tujuan untuk menekan penularan.

“Perjalanan akan sangat meningkatkan peluang penyebaran dan terinfeksi covid-19. Pemerintah setiap level harus merekomendasikan menunda perjalanan. Dan lebih banyak melakukan aktivitas di rumah atau dengan keluarga terdekat di satu kota yang sama. Karena sampai saat ini cara terbaik melindungi kita, keluarga kita dan orang lain,” pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini