Prabowo Tegaskan Kapal Selam Alugoro Bukan untuk Gagah-gagahan

Riezky Maulana, iNews · Kamis 18 Maret 2021 05:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 18 337 2379608 prabowo-tegaskan-kapal-selam-alugoro-bukan-untuk-gagah-gagahan-JRZxtLjf85.jpg Menhan Prabowo Subianto (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menegaskan kehadiran kapal selam terbaru buatan dalam negeri Alugoro-405 bukan menjadi penanda Indonesia ingin mengancam negara lain. Bukan pula untuk sekadar gagah-gagahan.

"Kita sadari bersama betapa pentingnya pertahanan kita. Kita sedang membangun kemampuan pertahanan kita. Bukan karena kita ingin gagah-gagahan. Bukan karena kita ingin mengancam siapapun, tidak," katanya dalam keterangan tertulis saat meresmikan kapal tersebut, Rabu (17/3/2021).

Prabowo menyebut, sejak dulu Indonesia adalah negara yang cinta damai. Terlebih Indonesia adalah sebuah bangsa yang mencintai kemerdekaan.

"Berkali-kali, turun temurun dari pendiri bangsa kita, kita tegaskan bahwa bangsa Indonesia cinta damai tapi lebih cinta kemerdekaan,” tegasnya.

Eks Danjen Kopassus ini mengatakan bahwa Indonesia harus memilki kekuatan yang cukup untuk menjaga kedaulatan. Kemudian, untuk melindungi segenap tumpah darah, kesatuan dan keutuhan wilayahdari ancaman tentara negara asing.

"Hari ini merupakan selangkah ke depan bagi kita semua untuk membangun tentara kita ke arah yang lebih kuat lagi,” ujarnya.

Dia menyebut, alat pertahanan yang dimiliki Indonesia telah banyak yang tua dan sudah saatnya diremajakan. Oleh karenanya, dia berharap peran industri pertahanan dalam negeri akan sangat menonjol.

"Kita harap peran serta, inisiatif, kerja keras teknolog-teknolog kita, sarjana-sarjana kita, cendekiawan, dari ahli-ahli kita. Kita harap semua bersatu untuk kerja keras,” paparnya.

Baca Juga: Mendagri Minta BPSDM di Daerah Tak Hanya Jadi Pelengkap

Sekadar informasi, pengadaan Alugoro-405 merupakan salah satu program pembangunan kekuatan pertahanan terkhusus dari matra Laut. Sebelum Alugoro-405, Kemhan telah serahterimakan kapal selam pertama KRI Nagapasa-403 dan kapal selam kedua KRI Ardadedali -404 yang dibangun di Korea kepada TNI AL.

Dengan telah diserahterimakannya Alugoro-405 ini, Prabowo meyakini bahwa kapal selam ketiga pesanan Kemhan itu dapat memperkuat Alutsista TNI, khususnya di jajaran TNI AL.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini