Share

Praperadilannya Gugur, Kubu Habib Rizieq Bakal Ajukan Judicial Review ke MK

Ari Sandita Murti, Sindonews · Rabu 17 Maret 2021 20:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 337 2379505 praperadilannya-gugur-kubu-habib-rizieq-bakal-ajukan-judicial-review-ke-mk-ByxMPiOHJr.jpg Habib Rizieq. (Dok Okezone)

JAKARTA - Kuasa hukum mantan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab, Alamsyah Hanafiah mengatakan, pihaknya berencana mengajukan judicial review (JR) ke Mahkamah Konstitusi (MK). Gugatan itu bakal diajukan terkait gugurnya sidang praperadilan mengenai sah tidaknya penangkapan dan penahanan kliennya tersebut.

"Jadi, kami akan mengajukan judicial review. Mengajukan JR kepada Mahkamah Konstitusi uji materil tentang hak mengadili perkara praperadilan hakim tunggal. Secepatnya, mungkin minggu depan kami daftar," ujarnya di PN Jakarta Selatan pada wartawan, Rabu (17/3/2021).

Menurutnya, ada sejumlah alasan mengapa pihaknya memilih akan mengajukan JR ke MK. Pertama lantaran gugatan praperadilannya itu dinyatakan gugur oleh hakim pada persidangan Rabu (17/3/2021) ini. Diia menilai hakim keliru menyatakan gugur praperadilannya itu, padahal sidang pokok perkaranya belum masuk ke poin dakwaan.

Kedua, kata dia, hakim yang memimpin jalannya sidang praperadilan itu hanyalah hakim tunggal. Karena itu, pihaknya merasa dirugikan dengan putusan hakim tunggal karena dianggap egois dalam mempertimbangkan pokok dalam persidangan praperadilan.

Baca Juga : Praperadilan Penangkapan Habib Rizieq Dinyatakan Gugur karena Sidang Pokok Sudah Dimulai

"HRS merasa dirugikan di sini oleh hakim tunggal. Sejatinya, pasal 78 ayat 2 (KUHAP), hakim tidak boleh tunggal. Kalau hakimnya tunggal egois hakim saja, sesuka-suka dia menerjemahkan karena putusan praperadilan adalah final, tak bisa dibanding, tidak bisa dikasasi," tuturnya.

Baca Juga : Hadiri Sidang Habib Rizieq di PN Jaktim, 33 Remaja Diamankan Polisi

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini