Fatwa MUI Bolehkan Vaksinasi Covid-19 saat Ramadan, Simak Alasannya

INews.id, · Selasa 16 Maret 2021 18:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 337 2378848 fatwa-mui-bolehkan-vaksinasi-covid-19-saat-ramadan-simak-alasannya-3I2cvklBQc.jpg Asrorun Niam. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Kabar baik! Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa tentang vaksinasi Covid-19 saat puasa Ramadan. Hal itu tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 saat Berpuasa.

Isinya, MUI menyatakan vaksinasi tidak membatalkan ibadah puasa. "Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan dengan injeksi intramuscular tidak membatalkan puasa," tulis MUI dalam fatwanya, dikutip Selasa (16/3/2021).

Baca juga: Update 16 Maret: Lebih 4,4 Juta Orang di Indonesia Telah Divaksinasi Covid-19

Ketua Bidang Fatwa MUI Asrorun Niam menyebut Fatwa MUI bisa menjadi acuan bagi masyarakat yang akan melakukan vaksinasi. Diharapkan dengan masifnya vaksinasi, herd immunity bisa tercapai.

"Ini sebagai panduan bagi umat Islam agar dapat menjalankan puasa Ramadan dengan memenuhi kaidah keagamaan dan pada saat yang sama, dapat mendukng upaya mewujudkan herd immunity dengan program vaksinasi Covid-19 secara masif," ujar Asrorun melalui keterangan tertulis.

Baca juga: Negara-Negara yang Hentikan Sementara Suntikan Vaksin Covid-19 AstraZeneca

MUI merekomendasikan kepada pemerintah agar terus melakukan program vaksinasi kepada masyarakat meski bulan Ramadan. Vaksinasi adalah ikhtiar untuk menghadapi pandemi Covid-19.

"Pemerintah dapat melakukan vaksinasi Covid-19 pada saat Bulan Ramadan untuk mencegah penularan wabah Covid-19 dengan memperhatikan kondisi umat Islam yang sedang berpuasa," ucap Asrorun.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini