Lebaran 2021 Boleh Mudik atau Tidak?

Binti Mufarida, Sindonews · Selasa 16 Maret 2021 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 337 2378678 lebaran-2021-boleh-mudik-atau-tidak-dEH4IcCSbQ.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19, Brigjen TNI (Purn) dr. Alexander K. Ginting menegaskan hingga saat ini kebijakan mudik pada saat Lebaran 2021 masih digodok. Karena itu, pihaknya belum bisa menyampaikan apakah mudik lebaran tahun ini diperbolehkan atau dilarang.

Dia mengatakan, saat ini belum ada Surat Edaran (SE) yang menyatakan mudik tidak dilarang. “Belum ada SE-nya, masih digodok,” kata dia saat dikonfirmasi, Selasa (16/3/2021).

Sementara itu, dari fakta sebelumnya bahwa libur panjang memberikan dampak kenaikan kasus yang cukup signifikan. Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo pun sering mengajak semua komponen untuk terus belajar dari libur panjang sebelumnya.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam rapat kerja (Raker) bersama Komisi V DPR mengatakan mudik Lebaran tahun 2021 tidak akan dilarang meskipun kondisi pandemi Covid-19 belum berakhir.

“Hal utama dapat kami kemukakan terkait dengan mudik 2021 pada prinsipnya pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak melarang,” kata Budi Karya.

Baca Juga : Ridwan Kamil Larang Keluarga Bongkar Makam Meski Hasil Tes Negatif Covid-19

Namun, Budi Karya pun akan tetap berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengenai kebijakan itu. “Kami akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas (kini, Satuan Tugas) bahwa mekanisme mudik itu kita atur bersama dengan pengetatan dan melakukan tracing terhadap mereka-mereka yang akan bepergian,” kata Budi.

Budi Karya juga mengharapkan pelaksanaan mudik 2021 bisa berjalan baik. “Kementerian perhubungan sebagai koordinator nasional angkutan Lebaran berharap penuh agar kegiatan mudik akan berjalan dengan baik,” tuturnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini