Polemik Wacana Presiden 3 Periode, Demokrat: Mudah Disalahgunakan

Felldy Utama, iNews · Selasa 16 Maret 2021 09:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 16 337 2378473 polemik-wacana-presiden-3-periode-demokrat-mudah-disalahgunakan-7tQlkWNH99.jpg Ilustrasi (Foto:Dok Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Demokrat, Benny K Harman menyebut, wacana masa jabatan presiden menjadi 3 periode akan berpotensi mudah disalagunakan. Menurut dia, masa jabatan dua periode masih menjadi pilihan yang tepat.

"Dua periode itu sudah cukup. Kalau lebih nanti dipandang akan mudah disalahgunakan," kata Benny beberapa waktu lalu

Dia menjelaskan bahwa, masa jabatan dua periode adalah sebuah kesepakatan konsensus yang sesuai dengan harapan. Dimana dengan adanya pembatasan sua periode, maka hal itu menegaskan kokohnya konstitusionalisme, komitmen bangsa untuk tetap membangun demokrasi bedasarkan konstitusional.

Baca Juga: Wacana Presiden 3 Periode, Jokowi: Saya Dipilih Berdasarkan Konstitusi, UUD 1945 Mengatur Jabatan 2 Periode

"Maka pilihan dua periode, 2x5 tahun itu adalah pilihan yang sangat tepat. Sejalan sesuai dengan asas keadilan konstitusional. Constitusional justice," ujarnya.

Baca Juga: Demokrat Nilai Belum Ada Urgensi Menambah Masa Jabatan Presiden

Ketua Fraksi Partai Demokrat di MPR RI itu memandang ihwal wacana jabatan presiden tiga periode itu merupakan gagasan atau ide yang tumbuh dan berkembang di dalam masyarakat Indonesia dalam konteks perpolitikan saat ini saja.

"Namun secara formal kami memandang ide itu belum menjadi ide yang tepat untuk dibahas di parlemen terutama di Majelis Permusyawaratan Rakyat Indonesia (MPR RI)," pungkasnya.

(saz)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini