Pemerintah Targetkan Vaksinasi Covid kepada Calhaj Rampung di Bulan Mei

Giri Hartomo, Okezone · Senin 15 Maret 2021 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 337 2378120 pemerintah-targetkan-vaksinasi-covid-kepada-calhaj-rampung-di-bulan-mei-qfbhnhrxUI.jpg Foto: Antara

JAKARTA - Kementerian Kesehatan memastikan kepada calon jamaah haji yang dijadwalkan berangkat pada tahun ini akan disuntik vaksin covid-19. Ditargetkan seluruh calon jamaah haji sudah bisa menerima suntikan vaksin pada Mei mendatang.

(Baca juga: Kemenkes Targetkan Suntik Vaksin Covid ke 173.160 Calon Jamaah Haji)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kesehatan Oscar Primadi mengatakan, penyuntikan vaksin Covid-19 ini mengikuti aturan dan giliran penyuntikan nasional. Di mana penyuntikan akan dibagi ke dalam beberapa golongan.

Penyuntikan pertama kelompok atau gelombang pertama sendiri sudah dilakukan pada Januari 2021 lalu. Pada kelompok pertama ini, penyuntikan dilakukan kepada tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

(Baca juga: Mengintip Latihan Keras Pasukan Elite TNI AU, Kamp Tahanan hingga Makan Ular)

Sementara penyuntikan kelompok atau gelombang kedua ini sudah mulai dilakukan sejak awal Maret ini. Dalam kelompok ini, penyuntikan dilakukan kepada orang-orang yang bekerja di pelayanan publik serta lansia atau usia 60 tahun ke atas.

Dalam kelompok dan gelombang kedua penyuntikan ini sudah termasuk di dalamnya yakni calon jamaah haji Indonesia. Khususnya mereka yang memiliki usia di atas 60 tahun atau masuk kategori lansia.

"Pada periode Januari ada 1,4 juta tenaga kesehatan. Nah selanjutnya kita merambah yang kedua adalah petugas-petugas pelayanan publik dan 21,5 juta untuk lansia. Berkaitan dengan itu, fokus penyuntikan para pejabat publik dan lansia ini termasuk juga jamaah haji kita," ujarnya dalam Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR-RI, Senin (15/3/20210).

Untuk calon jamaah haji yang masuk kategori lansia ini ditargetkan bisa rampung pada April mendatang. Mengingat, penyuntikan vaksin dilakukan sebanyak dua kali.

"Sehingga jamaah haji yang lansia ternyata sudah dilakukan vaksinasi sejak awal maret bagian recording pencatatan kita, karena pemberian dua kali kita prediksi pada April 2021 seluruh jamaah haji yang lansia sudah melunasi biaya pembayaran haji, insya allah telah menerima vaksinasi. Karena memang skema kedua ini yang termasuk 21,5 juta ini para lansia. Jadi saya yakin terecord jamaah haji lansia termasuk dalam ini," jelas Oscar.

Sementara untuk jemaah haji yang masuk kategori non lansia, nantinya akan divaksin pada April hingga Mei karena masuk ke dalam gelombang selanjutnya. Dengan merujuk pada data tersebut, maka dirinya menargetkan seluruh calon jemaah haji yang dijadwalkan berangkat pada tahun ini, sudah menerima vaksin covid-19 semua pada Mei mendatang.

"Sedangkan bagi mereka yang tidak masuk dalam kategori lansia yaitu yang dibawah 60 tahun akan mengikuti masyarakat rentan. Merujuk pada skema di atas, jamaah haji Indonesia akan selesai vaksinasi pada Mei nanti," kata Oscar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini