Usulan Presiden 3 Periode, PKB: Jangan Curiga, Era Amien Rais Juga Ada Amandemen

Kiswondari, Sindonews · Senin 15 Maret 2021 12:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 15 337 2377937 usulan-presiden-3-periode-pkb-jangan-curiga-era-amien-rais-juga-ada-amandemen-ZRo3ZcF8cw.jpg Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid menanggapi soal usulan masa jabatan presiden 3 periode. Menurutnya, tidak perlu saling curiga karena amandemen UUD 1945 bukan sesuatu yang dilarang.

"Tidak perlu saling curiga, amandemen bukanlah sesuatu yang dilarang. MPR pada masa Pak Amien Rais melakukan amandemen juga," kata Jazilul saat dihubungi, Senin (15/3/2021).

Namun, Jazilul mengaku hingga saat ini belum ada usulan memperpanjang masa jabatan presiden menjadi 3 periode lewat amandemen UUD 45 ke MPR. Jadi, hal ini masih sebatas wacana publik dan itu sah saja.

"Secara resmi belum ada yang mengusulkan ke MPR RI. Masih sebatas wacana di publik. Silakan saja berwacana dan atau mengusulkan amanden UUD, itu sah saja," ujarnya.

Baca Juga: Ngabalin ke Amien Rais: Cari Isu Lain untuk Angkat Partai Ummat!

Namun demikian, kata Jazilul, MPR akan terbuka menerima usulan tersebut sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku dalam amandemen UUD 45. Dan perlu diingat bahwa amandemen konstitusi bukan perkara mudah.

"Namun, amandemen bukan perkara mudah, perlu kehendak kuat dari rakyat yang tercermin dalam usulan dan pendapat fraksi fraksi MPR dan kelompok DPD," terangnya.

Jadi, Jazilul menambahkan, buktikan saja dugaan usulan presiden 3 periode itu, dan usulan lewat amandemen ini konstitusional.

"Buktikan saja dugaannya, asal konstitusional tidak masalah. Yang dilarang itu gerakan inkonstitusional sebab kita negara hukum," tandasnya.

Adapun usulan presiden 3 periode ini kembali mencuat, setelah Amien Rais mengungkap adanya skenario untuk memperpanjang masa jabatan presiden.  

Baca Juga: Respon Jokowi Soal Presiden 3 Periode: Itu Menampar Muka Saya dan Cari Muka!

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini