AHY: Kami Berjuang Jaga Kedaulatan & Kehormatan Partai Demokrat

Kiswondari, Sindonews · Jum'at 12 Maret 2021 20:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 337 2376922 ahy-kami-berjuang-jaga-kedaulatan-kehormatan-partai-demokrat-LyZZhKssfx.jpg Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan bahwa saat ini Partai Demokrat tengah berjuang untuk menjaga kedaulatan dan kehormatan partai.

Hal ini disampaikan AHY saat menggelar doa bersama lintas agama yang bertajuk "Doa Bersama untuk Bangsa" di Kantor DPP Partai Demokrat, Jalan Proklamasi No. 41, Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (12/3) siang ini. Hal ini terpantau dalam unggahan video istri AHY, Annisa Pohan @annisayudhoyono pada siang ini.

"Insya Allah doanya baik-baik semua dan harapannya besar untuk kita semua untuk Partai Demokrat. Bahwa kami baik-baik berjuang untuk menjaga kedaulatan dan kehormatan partai kami, sekaligus berikhtiar untuk menjaga terus memperjuangkan demokrasi, kebenaran dan keadilan di negeri ini. Tiga hal tadi makin langka, tapi kalau tidak ada yang berani meneguhkan demokrasi, kebenaran dan keadilan kita mungkin memiliki masa depan yang suram," kata AHY.

Melalui acara hari ini, kata putra sulung SBY itu, pihaknya ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat luas bahwa Demokrat semua siap untuk menyuarakan kebenaran dan keadilan negeri ini. Parpol itu adalah pilar dari demokrasi, sama halnya dengan media yang juha pilar demokrasi. Parpol diharapkan mampu menyuarakan aspirasi dan harapan rakyat, serta mewarnai kebijakan publik di negeri kita.

"Dan demikian harus dijaga eksistensi dan kedaulatan, dan independensinya. Ini penting," ujar AHY.

Baca Juga : Diganggu Moeldoko, AHY Gelar Doa Bersama Lintas Agama

Baca Juga : Kubu AHY Sebut Kader Partai Lain Turut Hadiri KLB Deliserdang

Kemudian, kata dia, pihaknya juga berharap bahwa dengan parpol bisa tegak dengan kedaulatannya, bisa terus mewarnai kehidupan bangsa bersama dengan elemen bangsa lainnya, termasuk civil society dan berbagai kelompok agama.

"Kami mohon doa dari bapak ibu sekalian, kiranya Tuhan Yang Maha Kuada dapat terus memberikan perlindungan dan jalan terbaik bagi kami dan kita semua dalam menghadapi ujian yang kita hadapi," tuturnya.

Selain itu, AHY menjelaskan, Partai Demokrat memiliki perjuangan politik yang bersifat moderat, nasionalis dan relijius. Tidak mau terjebak pada ideologi ekstrem kiri atau yang disebut ultranasionalis, ekstrem kanan atau bahkan radikalisme. Karena, Indonesia super majemuk dam super plural. 270 juta manusia dengan keberagaman, tidak memungkinkan jika terjebak dalam sempitnya apalagi tereksploitasinya politik identitas.

"Berbahaya, dibuktikan bahwa polarisasi dan pembelahan seperti itu akan menghadirkan kehancuran di negeri kita. Pancasila kita pilih sebagai bangsa menjadi jalan tengah bagi keberagaman bangsa. Tapi Pancasila tidak harus dan tidak perlu dibentur-benturkan dengan nilai-nilai agama yang dianut oleh rakyat Indonesia," ujarnya.

Karena sesungguhnya, AHY mengatakan nilai-nilai agama juga termaktub dalam nilai-nilai Pancasila, maupun sebaliknya, semuanya kompatible dan bisa dijelaskan. Dan tentu membutuhkan keyakinan kita untuk bisa menjaga nilai-nilai tersebut.

"Tentu dengan ini kami juga ingin menegaskan bahwa Partai Demokrat bersama dengan seluruh rakyat Indonesia dengan tidak memandang dari mana dia berasal, apapun suku, agama, ras, etnis, dan pandangan politiknya, semua adalah warga sesama anak bangsa yang harus kita bela, lindungi dan perjuangkan," kata AHY.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini