Eijkman Sebut Vaksin Covid-19 Masih Efektif untuk Mutasi B117

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 12 Maret 2021 15:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 337 2376729 eijkman-sebut-vaksin-covid-19-masih-efektif-untuk-mutasi-b117-bsMjYdnThD.jpg Vaksinasi Covid-19. (Foto : Okezone/Fahreza Rizky)

JAKARTA - Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Amin Soebandrio, menegaskan vaksin Covid-19 yang beredar saat ini masih efektif untuk mutasi B117 dari Inggris. Itu termasuk vaksin yang digunakan Indonesia.

“Sudah dicoba oleh beberapa perusahaan besar, ini belum secara signifikan. Jadi vaksin-vaksin yang sekarang sudah beredar itu dianggap masih efektif untuk varian ini,” kata Amin dalam dialog Pemantauan Genomik Varian Baru SARS-Cov2 di Indonesia secara virtual, Jumat (12/3/2021).

Meski begitu, kata Amin, virus dari mutasi B117 ini mengalami perubahan struktur sehingga tidak mengenali antibodi yang telah dibentuk oleh vaksin Covid-19.

“Karena perubahan itu dia mungkin juga menyebabkan antibodi yang terbentuk setelah vaksinasi itu tidak lagi mengenali si virus. Karena bajunya sudah berubah. Ada perubahan struktur sehingga antibodi tidak mengenali. Jadi khawatir lagi bahwa virus ini nanti tidak bisa dinetralisasi oleh si antibodi setelah vaksinasi,” katanya.

Namun, vaksin Covid-19 yang telah banyak digunakan negara-negara di dunia masih efektif untuk mutasi B117 ini. Selain itu, dia mengatakan, dari sekian banyak mutasi B117 ini, hanya 4% yang menyebabkan virus itu lebih berbahaya.

“Dari sekian banyak mutasi sebetulnya hanya 4% yang menyebabkan virus itu menjadi lebih berbahaya. Artinya menyebabkan perubahan yang signifikan,” katanya.

Baca Juga : Jokowi: Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Harus Sesuai Kaidah Saintifik

“Sebagian besar mutasi yang dialami virus itu akan menyebabkan bahkan kematian si virus itu sendiri atau tambah lemah atau tidak terjadi apa-apa ya. Jadi yang yang menyebabkan peningkatan kesehatan dan sebagainya itu hanya 4% dari mutasi-mutasi,” ucap Amin.

Baca Juga : Kejar Target, Mal dan Hotel di Bogor Jadi Lokasi Vaksinasi Covid-19 Massal

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini