DPR Minta KNKT-Satlantas Segera Ungkap Penyebab Kecelakaan Bus di Sumedang

Kiswondari, Sindonews · Jum'at 12 Maret 2021 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 337 2376551 dpr-minta-knkt-satlantas-segera-ungkap-penyebab-kecelakaan-bus-di-sumedang-pJQFqM7QHa.jpg Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin. (Foto : Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam), Azis Syamsuddin, meminta Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polri segera mengungkap penyebab terjadinya kecelakaan Bus Sri Padma yang masuk ke jurang di tanjakan Cae, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Akibat kejadian itu, 29 orang tewas.

"Saya prihatin dan mengucapkan turut berduka cita terhadap para korban kecelakaan Bus Sri Padma, tentunya Polri harus memanggil pihak perusahaan bus dan meminta pertanggungjawaban bila terbukti ditemukannya kelalaian dan faktor teknis dalam kecelakaan tersebut," kata Azis kepada wartawan, Jumat (12/3/2021).

Mantan Ketua Komisi III itu mengharapkan, para perusahaan penyewaan bus pariwisata dapat memilih sopir bus yang disiplin dalam proses perekrutan dalam berkendara serta melakukan perawatan secara berkala terhadap armada yang akan digunakan untuk disewakan kepada pengguna jasa.

"Kecelakaan bus bukanlah yang pertama kali terjadi. Tentunya jika bukan dikarenakan human error pasti diakibatkan kendala teknis yang dikarenakan penghematan dalam menekan biaya service atau operasional demi meraup keuntungan yang banyak dan kemudian berdampak pada keselamatan pengguna jasa," tuturnya.

Lebih lanjut, politikus Partai Golkar ini juga meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memeriksa izin para perusahaan bus pariwisata dan mewajibkan menjalankan aturan layak jalan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Baca Juga : Begini Cara Polisi Usut Penyebab Kecelakaan Maut di Tanjakan Cae Sumedang

"Kemenhub harus memberikan sanksi tegas terhadap para perusahaan bus yang tidak mau menaati aturan yang telah ditentukan oleh pemerintah," tuturnya.

Baca Juga : Kisah Wanita Korban Kecelakaan Maut di Sumedang, Lepaskan Pakaian saat Selamatkan Diri

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini