Jokowi: Covid-19 Mengajarkan Kita Mendobrak Cara-Cara Lama

Dita Angga R, Sindonews · Jum'at 12 Maret 2021 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 337 2376486 jokowi-covid-19-mengajarkan-kita-mendobrak-cara-cara-lama-nyO2lGXvh8.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, saat ini dunia berubah dengan begitu cepat. Saat ini kecepatan, kreativitas dan inovasi adalah kunci untuk memenangkan kompetisi.

“Kita tidak boleh terjebak dengan cara biasa-biasa saja. Kita tidak boleh disandera oleh rutinitas yang biasa-biasa saja. Cara-cara baru harus terus dikembangkan,” ucap Jokowi dalam Sidang Terbuka Senat Akademik Dies Natalis Universitas Sebelas Maret (UNS), Jumat (12/3/2021).

Jokowi melanjutkan, pandemi Covid-19 telah banyak mengubah dunia, terutama mengubah cara-cara hidup yang lama.

Baca juga: Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal Pelayan Publik di Jateng

“Pandemi Covid telah mengajarkan kita untuk mendobrak cara-cara lama. Yang dulu dianggap tabu sekarang justru menjadi cara hidup baru. Digitalisasi yang dulu sulit dikenalkan sekarang semua institusi semua harus melakukannya. Ukuran kinerja pun harus diubah. Cara-cara penganggaran harus diubah. Program-program kerja baru harus diperkenalkan,” ucap dia.

Jokowi mengatakan bahwa bagi pelaku industri startup, melakukan cara-cara baru sudah menjadi landasan kerja sejak awal. Namun dia mengakui bahwa untuk institusi yang usianya sudah berdiri puluhan tahun, tidak mudah memperkenalkan cara-cara baru.

Baca juga: Jokowi: Isra Mi'raj Mengingatkan Kita Betapa Besar Kekuasaan Allah SWT

“Tidak mudah untuk melakukan disrupsi untuk diri sendiri. Padahal jika tidak berani mendisrupsi diri kita akan disrupsi oleh zaman yang sedang berubah dengan cepat,” pungkasnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini