Peringatan Isra Mikraj, Menag Minta Masyarakat Tebarkan Semangat Persatuan

Carlos Roy Fajarta, · Kamis 11 Maret 2021 05:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 11 337 2375928 peringatan-isra-mikraj-menag-minta-masyarakat-tebarkan-semangat-persatuan-nojOP0Z9yd.jpg Menag Yaqut Cholil Qoumas. (Foto : tangkapan layar)

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta masyarakat menebarkan nilai-nilai spirit persatuan dalam memperingati Isra Mikraj yang jatuh pada Rabu (10/3/2021).

"Bapak Wapres dan hadirin yang saya hormati. Setiap kali datang bulan Radjab yang kita ingat Israj Mi'raj. Di dalamnya sering diperbincangkan perjalanan spiritual yang tidak pernah lekang oleh waktu," ujar Yaqut Cholil Qoumas dalam siaran live streaming YouTube Kementerian Agama.

Ia melanjutkan, banyak hikmah yang bisa kita ambil dari perjalanan Nabi Muhammad Saw dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha dan menuju Sidratul Muntaha.

"Seperti hikmah yang disampaikan Ustadz Dasak Latief seorang dai kondang, dosen dan peneliti yang akan kita angkat sebagai duta moderasi beragama dari Kementerian Agama. Kita semua senang karena dalam setiap ceramahnya beliau menunjukkan Islam yang ramah khas Indonesia," ucap Menag.

Ia mengungkapkan, spirit Isra Miraj harus dilihat dalam konteks moderasi beragama di Indonesia. Tema ini dikatakannya sangat cocok dengan konteks Indonesia hal tersebut tidak tanggapi dengan serius.

"Keseimbangan, keberkahan, musyawarah, dan persatuan adalah spirit yang dibutuhkan negara dalam membangun kehidupan harmonis di tengah keberagaman suku agama dan ras berdasarkan Pancasila,' lanjut Yaqut Cholil Qoumas.

Baca Juga : Isra Mikraj, MUI: Momentum Perkuat Perjuangan Bangsa Lawan Radikalisme

Menurut Menag sebagian hikmah nilai-nilai spirit Isra Miraj tadi dapat ditemukan dalam Pancasila.

"Salah satu spirit Isra Miraj adalah nilai keadilan, terlihat dari Nabi Muhammad Saw dalam shalat 5 waktu. Adil dalam tradisi Islam bukan berarti sama rasa sama rata, tapi memberikan sesuatu sesuai proporsinya. Akhir kata, mari kita membangun Indonesia yang maju, kita doakan agar bangsa kita dibebaskan dari wabah dan marabahaya," tandas Yaqut Cholil Qoumas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini