Share

Majalengka Jadi Salah Satu Wilayah yang "Tahan" Gempuran Pandemi, Ini Rahasianya

Dita Angga R, Sindonews · Rabu 10 Maret 2021 19:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 337 2375804 majalengka-jadi-salah-satu-wilayah-yang-tahan-gempuran-pandemi-ini-rahasianya-uYwP61PCN7.JPG Bupati Majalengka, Karna Sobahi (Foto: Dita Angga)

JAKARTA - Bupati Majalengka Karna Sobahi mengatakan bahwa Kabupaten Majalengka seringkali dikenal sebagai Kota Pensiun. Namun dia menyebut dibalik julukan tersebut Majalengka memiliki begitu banyak potensi.

“Kami punya potensi yang sangat luar biasa di Kabupaten Majalengka. Semua potensi itu bersifat alami. Kami pun punya produk unggulan baik tanaman atau buah-buahan. Kami juga mengembangkan wisata kebun,” katanya dalam Indonesia Visionary Leader (IVL) season VII yang dilakukan secara virtual, Rabu (10/3/2021).

Dia menyebut bahwa potensi-potensi itulah menjadi kekuatan Kabupaten Majalengka dalam menghadapi pandemi Covid-19. Dia menyebut bahwa sesuai dengan data BPS, Majalengka menjadi salah satu daerah yang ekonominya tetap tumbuh.

“Ketika banyak kabupaten yang pertumbuhan ekonominya minus, Majalengka tumbuh 0,88%. Artinya ini ada pertumbuhan,” ungkapnya.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal Pelayan Publik di Jateng

Karena mengatakan bahwa pertumbuhan ini masih bisa dirasakan Kabupaten majalengka karena disokong oleh berbagai sektor. Mulai pertanian, UMKM, dan padat karya.

“Melalui itu kami fokus menjaga bagaimana pandemi ini tidak meluluhlantakan ekonomi rakyat. Bagaimana kita menjaga UMKM, bagaimana melipatgandakan pertanian,” tuturnya.

Bahkan saat ini tingkat pengangguran di Majalengka hanya di kisaran 6,67%. Investasi baik dari dalam maupun luar juga tetap masuk di masa pandemi ini.

“Industri masuk baik PMA (penanaman modal asing) maupun PMDN (penanaman modal dalam negeri) yang nilainya hampir Rp. 2,6 triliun. Jadi alhamdulillah tidak terlalu terpengaruh pandemi,” ujarnya.

Selain memiliki banyak potensi, perlu diketahui bahwa Kabupaten Majalengka menjadi tempat dilaksanakan berbagai proyek strategis nasional. Mulai dari pembangunan Bandara Kertajati, Pelabuhan patimban hingga banyak jalan tol. Hal ini dinilainya sebagai salah satu kelebihan Majalengka untuk menarik minat investor.

Namun begitu Karna memastikan bahwa masyarakatnya tidak boleh hanya menjadi penonton saja.

“SDM kita memang masih lemah. Maka dari itu kami kami akan berupaya meningkatkannya,” pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini