Share

Cerita Bupati Tanah Laut Gunakan Tronton Batubara untuk Evakuasi Korban Banjir

Dita Angga R, Sindonews · Rabu 10 Maret 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 337 2375692 cerita-bupati-tanah-laut-gunakan-tronton-batubara-untuk-evakuasi-korban-banjir-z4TNvYqVJB.jpg Bupati Tanah Laut, Sukamta (Foto: Dita Angga)

JAKARTA - Bupati Tanah Laut Sukamta membagi pengalamannya saat mengatasi banjir besar lalu. Pengalaman ini dibagikannya saat melakukan presentasi pada Visionary Leader (IVL) season VII

Dia mengakui bahwa wilayahnya adalah salah satu wilayah yang paling parah terkena banjir. Saat itu dia mengatakan selama berhari-hari berada di tengah masyarakat.

“Saya 11 hari selalu berada di tengah-tengah masyarakat. Saya selalu langsung memimpin operasi,” katanya di Inews Center, Rabu (10/3/2021).

Sukamta mengatakan bahwa untuk mengevakuasi korban banjir pihaknya menggunakan truk hingga tronton. Pasalnya tidak memungkinkan menggunakan perahu karet saja.

“Saya kerahkan truk karena tidak mungkin menggunakan perahu karet. Lalu ternyata tidak cukup lagi, saya kerahkan puluhan truk untuk evakuasi. Kemudian saya kerahkan tronton batubara untuk melakukan evakuasi,” ungkapnya.

Baca Juga: Sosialita, Jurus Andalan Bupati Tanah Laut Selamatkan UMKM dari Pandemi Covid-19

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa persoalan banjir di wilayah ini tidak mungkin hanya dilakukan oleh dirinya saja. Pasalnya Sungai Maluka yang menjadi penyebab banjir melewati Kabupaten lain yakni Banjarbaru

“Saya sudah rapat dengan gubernur meminta normalisasi. Dulu dalamnya sungai 7 meter sekarang tinggal 3 meter. Juga harus ada rehabilitasi di kawasan hutan Sultan Adam yang itu menjadi kewenangannya pusat. Kita bersinergi. Kemudian juga diperbanyak dam-dam,” pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini