Divonis 4 Tahun, Irjen Napoleon: Martabat Saya Dilecehkan!

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 10 Maret 2021 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 337 2375661 divonis-4-tahun-irjen-napoleon-martabat-saya-dilecehkan-UueFdFp9Je.jpg Foto: MNC Portal

JAKARTA – Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, menjatuhkan vonis 4 tahun penjara terhadap mantan Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri, Irjen Napoleon Bonaparte.

Selain itu, jenderal bintang dua itu juga divonis untuk membayar denda Rp100 juta subsidair 6 bulan kurungan.

(Baca juga: Tok! Irjen Napoleon Bonaparte Divonis 4 Tahun Penjara)

Atas putusan tersebut, Irjen Napoleon Bonaparte menyatakan menolak putusan majelis hakim dan akan melakukan banding.

"Yang saya hormati yang mulia majelis hakim dan hadirin, cukup sudah pelecehan martabat yang saya derita dari Juli tahun lalu sampai hari ini,”ujar Napoleon,” Rabu (10/3/2021).

Napoleon bahkan menyatakan lebih baik mati daripada dilecehkan seperti ini.

“Saya lebih baik mati daripada dilecehkan seperti. Saya menolak putusan hakim dan mengajukan banding," tegasnya.

(Baca juga: Merusak Citra Polri Alasan Hakim Vonis Brigjen Prasetijo Lebih Tinggi dari Tuntutan)

Diketahui, putusan tersebut lebih tinggi dari tuntutan yang diajukan tim jaksa Penuntut Umum (JPU). Di mana sebelumnya, Irjen Napoleon Bonaparte dituntut tiga tahun penjara dan denda sebesar Rp100 juta subsidair 6 bulan kurungan.

Dia terbukti secara sah bersalah karena menerima suap dari terpidana Joko Soegiarto Tjandra (Djoko Tjandra) melalui rekannya, Tommy Sumardi. Uang itu berkaitan dengan upaya penghapusan nama Djoko Tjandra dari Daftar Pencarian Orang (DPO).

Irjen Napoleon dinyatakan terbukti melakukan upaya penghapusan nama Joko Soegiarto Tjandra dari DPO bersama-sama dengan Brigjen Prasetijo Utomo selaku Kepala Biro Koordinator Pengawas PPNS Bareskrim Polri. Keduanya diduga menerima suap dari Djoko Tjandra melalui Tommy Sumardi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini