Cegah Penyiksaan Tahanan, Komnas HAM Minta Ruang Pemeriksaan Polres Dilengkapi CCTV

Carlos Roy Fajarta, · Rabu 10 Maret 2021 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 337 2375642 cegah-penyiksaan-tahanan-komnas-ham-minta-ruang-pemeriksaan-polres-dilengkapi-cctv-o2RY5Mt09q.jpg Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM Choirul Anam (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, M. Choirul Anam meminta Polri melengkapi ruang pemeriksaan di tingkat Polres dengan kamera pemantau atau CCTV.

"Komnas HAM melihat agar kasus penyiksaan terhadap tahanan agar tidak terulang kembali. Secara struktural harus dipastikan. Ada era Kapolri Bambang Hendarso ada Perkap zero tollerance anti penyiksaan," ujar M. Choirul Anam saat konferensi pers di Kantor Komnas HAM, Rabu (10/3/2021) di Menteng, Jakarta Pusat.

Baca Juga:  Komnas HAM Periksa 130 Ribu Video, Polisi Tak Terindikasi Hendak Membunuh 6 Laskar FPI

Dikatakannya agar kasus penganiayaan terhadap tahanan hingga meninggal dunia tidak kembali berulang terus-menerus yang perlu dilakukan adalah pemasangan CCTV di ruang-ruang pemeriksaan.

"Salah satu tindakan paling sederhana adalah memasang CCTV di ruang pemeriksaan. Kalau di level Mabes dan Mapolda sudah ada, kalau di level Polres ada yang sudah ada, ada yang belum. Ini fenomena umum yang terjadi dan ada di Indonesia," tambah M. Choirul Anam.

"Karena itu saat kami bertemu dengan bapak Kapolri, tolong ada satu prioritas kepolisian karena anggaran sarana prasarana untuk melengkapi CCTV di ruang tahanan. Pembelian CCTV harus menggunakan uang negara, karena itu alat resmi untuk kepentingan hukum agar bisa berjalan dengan baik. Kalau disumbangkan dari pihak-pihak tertentu dan pihak tersebut terlibat kasus maka tidak menjadi obyektif," tutur M. Choirul Anam.

"Sistem manajemen pemeriksaan menggunakan CCTV di semua tempat-tempat pemeriksaan ini yang harus menjadi prioritas di internal kepolisian secara keseluruhan," tegas M. Choirul Anam.

Baca Juga: Komnas HAM Bandingkan Penembakan 6 Laskar FPI dengan Tragedi Rohingya

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini