Pertemuan Amien Rais dan Jokowi di Istana, Waketum MUI: Ke Depan Persoalan Bangsa Bisa Diselesaikan Bersama

Komaruddin Bagja, Sindonews · Rabu 10 Maret 2021 09:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 337 2375333 pertemuan-amien-rais-dan-jokowi-di-istana-waketum-mui-ke-depan-persoalan-bangsa-bisa-diselesaikan-bersama-UpcTUs4kqj.jpg Presiden Jokowi saat menerima rombongan TP3 Laskar FPI.(Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas mengapresiasi pertemuan penuh kehangatan antara Presiden Joko Widodo dengan rombongan Amien Rais, Selasa 9 Maret 2021 lalu.

"Hormat dan salut saya kepada Presiden Jokowi dan Amien Rais cs. Bagi saya pribadi, apa yang terjadi hari ini di istana negara betul-betul terlihat sebagai sebuah hal yang luar biasa. Karena presiden Jokowi yang selama ini sering dikritik oleh pak Amien Rais cs, ternyata hari ini mereka bertemu di istana negara," kata Anwar lewat keterangan persnya, Rabu (10/3/2021).

Baca Juga: Amien Rais Kutip Surat Al-Maidah saat Audiensi dengan Jokowi Terkait Kematian Laskar FPI

Pria yang menjabat sebagai petinggi ormas Muhammadiyah itu, tidak mengira Jokowi mau menerima dan mendengarkan suara serta sikap dan pandangan dari Amien Rais CS yang selama ini sering melancarkan kritik-kritik ke Presiden Jokowi dengan tajam , berbobot dan bersifat fundamental.

Baca Juga: TP3 Laskar FPI Singgung Neraka Jahanam saat Bertemu Jokowi

"Oleh karena itu terus terang tidak terbayang oleh saya presiden Jokowi akan mau menerima mereka tapi hari ini apa yang tidak mungkin terjadi menurut saya tersebut malah terjadi. Bagi saya hal ini jelas merupakan suatu pelajaran yang sangat berharga yang sangat patut untuk diapresiasi secara bersama-sama karena dengan adanya pertemuan dari dua kubu yang sering berseberangan tersebut tentu diantara mereka akan ada dialog sehingga masing-masing pihak tentu akan saling menyampaikan sikap dan pendangannya dan itu tentu saja akan sangat berarti dan baik sekali karena akan ada tesa dan anti tesa serta kemudian synthesanya,"urainya.

Adanya dialektika seperti itu tentu jelas akan sangat berarti dan bermakna sekali dalam rangka upaya untuk menciptakan saling pengertian diantara warga bangsa.

Jadi dari peristiwa ini, Anwar menyebut terdapat sebuah pelajaran berharga bahwa setajam apapun perbedaan janganlah sampai merusak tali silaturahmi serta persatuan dan kesatuan sebagai anak bangsa.

"Saya yakin jika sikap dan tindakan seperti ini bisa kita tumbuhkan dan lestarikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di dalam setiap tingkatan maka tentu seberat apapun masalah yang kita hadapi sebagai bangsa hal itu tentu akan terasa ringan dan akan bisa kita hadapi dan atasi dengan mudah dan dengan sebaik-baiknya," terangnya.

"Untuk itu rasa hormat dan salut saya kepada Presiden Jokowi dan bapak Amien Rais cs yang telah sama-sama memperlihatkan niat baik serta sikap kenegarawanan mereka kepada anak-anak bangsa ini," sambungnya.

Mudah-mudahan hal seperti ini di masa depan akan sering bisa terjadi sehingga setiap persoalan besar yang dihadapi oleh bangsa ini akan bisa diselesaikan dengan sebaik-baiknya secara bersama-sama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini