Share

"Indonesia Raya" Menggema di Medsos, WR Supratman Pencipta Lagu Tak Merasakan Kemerdekaan

Bima Setiyadi, Koran SI · Selasa 09 Maret 2021 16:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 09 337 2374993 indonesia-raya-menggema-di-medsos-wr-supratman-pencipta-lagu-tak-merasakan-kemerdekaan-UODPYTkjql.jpg WR Supratman. (Foto: Istimewa)

JAKARTA - "Indonesia Raya" bergema di media sosial Twitter, Selasa (9/3/2021) siang. Ribuan warganet menyebut lagu “Indonesia Raya" dan menyandingkanya dengan Hari Musik Nasional.

Setelah ditelusuri, hari ini tepat pada 9 Maret merupakan hari kelahiran pencipta lagu Indonesia Raya Wage Rudolf (WR) Supratman dan diperingati sebagai hari musik nasional.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengucapkan selamat hari musik nasional melalui akun twiternya yang dikutip Senin (9/3/2021).

Baca juga: Peristiwa 9 Maret: Lahirnya WR Soepratman hingga Peringatan Hari Musik Nasional

"Tanggal 9 Maret adalah hari lahir pencipta lagu Indonesia Raya yaitu W.R. Soepratman, yang kini diperingati sebagai Hari Musik Nasional.⁣⁣ ⁣#LBP #luhutpandjaitan #luhutbinsarpandjaitan #musik #harimusiknasional," cuitnya.

Luhut menjelaskan bahwa musik selalu akan menjadi bagian besar dalam kehidupan bangsa dan negara tercinta ini. ⁣⁣Musik bukan hanya nada dan lirik, melainkan terdapat jiwa di dalamnya.

Baca juga: Pembuat Parodi Lagu Indonesia Raya Ditangkap di Cianjur, Penyebar Ditangkap di Malaysia

"Mari kita dukung musisi-musisimusisi Tanah air agar musik Indonesia semakin berkembang, kreatif, inovatif serta melahirkan karya-karya luar biasa," lanjut cuitanya.

Akun @Rebornian48 menuturkan bahwa WR Supratman telah menciptakan lagu “Indonesia Raya” jauh sebelum Indonesia merdeka dan tidak merasakan kemerdekaannya.

"Pada tanggal ini, pencipta lagu 'Indonesia Raya' lahir ke dunia. Tepatnya pada tanggal 9 Maret 1903. Iya, dialah Wage Rudolf Supratman. Yang pada usia 21 tahun (Tahun 1924), dia menciptakan lagu 'Indonesia Raya' yang nantinya diperdengarkan saat penutupan acara Sumpah Pemuda II," tulisnya.

Sumpah Pemuda II, lanjut @Rebornian48 menjadi penentuan bahwa lagu “Indonesia Raya” menjadi lagu perjuangan bangsa. Meski begitu hidupnya diburu Belanda, hingga akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1938, beliau meninggal di Surabaya. 7 tahun tepat sebelum Indonesia menyatakan kemerdekaannya. 

"Sehingga dia belum pernah mengecap yang namanya kemerdekaan. Gelar pahlawan diberikan kepada W.R. Supratman pada tahun 1971. Dan mulai tahun 2013, tanggal lahirnya (9 Maret) dijadikan sebagai Hari Musik Nasional. Meski pernah juga ada perdebatan terkait tanggal lahir beliau," jelasnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini