Polri Kirim Berkas Perkara Ambroncius Nababan ke Kejaksaan

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 08 Maret 2021 18:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 337 2374453 polri-kirim-berkas-perkara-ambroncius-nababan-ke-kejaksaan-GA6SVodrXh.jpg Bareskrim Polri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Penyidik Bareskrim Polri mulai berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan terkait dengan kasus Ambroncius Nababan dalam perkara dugaan tindakan rasisme terhadap eks Komisioner Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) Natalius Pigai.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menjelaskan, koordinasi tersebut untuk kebutuhan pemberkasan. Namun, Rusdi tak menjelaskan apakah pemberkasan itu pelimpahan tahap I atau belum.

"Nanti kami update, tapi kalau perkiraan kami sudah mulai dikirim ke Kejaksaan. Saya rasa sudah mulai ada konsultasi masalah pemberkasan antara pihak penyidik Polri dengan Kejaksaan," kata Rusdi dalam jumpa pers di Gedung Humas Polri, Jakarta Selatan, Senin (8/3/2021).

Baca Juga:  Kasus Rasis Abu Janda, KNPI Sebut Sudah Naik ke Tahap Penyidikan

Rusdi menekankan, yang pasti dalam perkara ini, Ambroncius masih mendekam di Rutan Bareskrim. Perkaranya pun akan diusut sampai ke proses meja hijau.

"Masih ditangani masih dilamukan penahanan di Rutan Bareskrim Polri. Yang jelas akan selesai sampai tuntas ke pengadilan kasus itu," ujar Rusdi.

Bareskrim resmi menetapkan Ambroncius Nababan sebagai tersangka kasus dugaan tindakan rasisme ke eks Komisioner Komnas HAM tersebut.

Setelah dijadikan tersangka, pihak kepolisian langsung bergerak cepat untuk melakukan penjemputan kepada Ambroncius Nababan. Hal itu dilakukan untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka.

Baca Juga:  Polri Sebut Kasus Abu Janda Masih dalam Penyelidikan

Adapun pasal yang disangkakan ke Ambroncius antara lain, Pasal 45a ayat (2) Juncto Pasal 28 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Perubahan UU ITE dan juga Pasal 16 Juncto Pasal 4 huruf b Ayat (1) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan juga Pasal 156 KUHP.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini