2 Kubu Demokrat Direncanakan Kunjungi Kemenkumham Hari Ini

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 08 Maret 2021 01:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 07 337 2373909 2-kubu-demokrat-direncanakan-kunjungi-kemenkumham-hari-ini-cxkFbWXQpx.jpg Anggota MTP Partai Demokrat, Syarief Hasan (foto: Okezone)

JAKARTA - Dua kubu Partai Demokrat direncanakan mendatangi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) pada Senin (8/3/2021). Kunjungan tersebut berkaitan dengan legalitas kepengurusan partai.

Anggota Majelis Tinggi (MTP) Partai Demokrat, Syarief Hasan, mengatakan pihaknya akan mendatangi Kemenkumham untuk membuktikan penyelenggaraan Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara, abal-abal alias tidak berlandaskan hukum.

 Baca juga: Jadi Ketum Demokrat KLB, Moeldoko Tak Akan Berani Mundur dari KSP

Menurut Syarief, kunjungan ke Kemenkumham ini akan dipimpin langsung oleh Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), perwakilan Majelis Tinggi Partai, pengurus DPP, hingga ketua DPD Demokrat se-Indonesia.

"Ya kita besok (hari ini) akan menyampaikan bagaimana sikap Partai Demokrat menghadapi KLB abal-abal ini dengan segala bukti yang kita miliki dari sisi legalitas, sesuai AD/ART, ingin menunjukan pada Kemenkumham apa yang menamakan dirinya KLB adalah abal-abal saja dan itu tidak sah dan di luar konstitusi AD/ART," kata Syarief saat ditemui di Kantor DPP Demokrat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu 7 Maret 2021 malam.

Baca juga:  Anas Urbaningrum Uggah Foto Kongres HMI 1999, Warganet: Ke Deli Serdang Apa Cikeas?

"Semua ketua DPD seluruh Indonesia, kemudian pengurus-pengurus dan kebetulan saya ada dari majelis tinggi akan ikut juga besok. (Termasuk Ketum AHY) oh iya dong," tambah Syarief.

Menurut Syarief, KLB Deli Serdang yang menobatkan Moeldoko sebagai Ketua Umum Demokrat adalah bentuk pelanggaran hukum. Karena itulah, Demokrat kubu AHY akan menyampaikan bukti-buktinya ke Kemenkumham.

 

Syarief menambahkan, rombongan Partai Demokrat yang dipimpin AHY akan berangkat bersama dari kantor partai sekira pukul 08.30 WIB. Syarief menjamin pihaknya tidak akan memantik keributan bila seandainya bertemu penggagas KLB di Kemenkumham.

"Ya mudah-mudahan kami sih Partai Demokrat, faksinya kitakan berpolitik santun, kita tidak suka arogan, kita tidak suka terjadi kekerasan, kita tidak suka itu, kita berpolitik santun. saya pikir itu," tutur Syarief.

"Infonya begitu (dari kubu KLB akan ke Kemenkumham juga), mudah-mudahan tidak sama lah," tandas Syarief.

Dihubungi terpisah, penggagas KLB Demokrat atau kubu Moeldoko, Hencky Luntungan mengabarkan, pihaknya akan ke Kemenkumham pada Senin 8 Maret 2021 untuk melaporkan hasil KLB di Deli Serdang.

"Iya pasti didaftarkan. Besok (hari ini)," pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini