Pengambilalihan Demokrat Lewat KLB Dibandingkan dengan Zaman Orde Baru

Erha Aprili Ramadhoni, Okezone · Sabtu 06 Maret 2021 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 06 337 2373451 pengambilalihan-demokrat-lewat-klb-dibandingkan-dengan-zaman-orde-baru-UOKi1PqoVE.jpg KLB Demokrat di Deliserdang, Sumut, menetapkan Moeldoko sebagai ketua umum. (Foto : iNews/Stepanus)

JAKARTA - Pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani, membandingkan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut) dengan zaman Ode Baru. Pada KLB Partai Demokrat kemarin, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko ditetapkan sebagai ketua umum untuk periode 2021-2025.

Ia menyebut, jika pada zaman Orde Baru, pengambilalihan kekuasaan dilakukan oleh kader dari internal partai. Namun, ini berbeda dengan yang terjadi dengan KLB Demokrat di Sumut.

Saiful Mujani mengatakan, kudeta atau pengambilalihan Partai Demokrat oleh orang di luar partai adalah kejadian yang pertama kali di Indonesia. Ia menilai peristiwa ini adalah kemunduran demokrasi. Sebab, pejabat negara seharusnya melindungi semua partai di era demokrasi seperti sekarang ini.

"Zaman Orba saja yang otoriter pengambilalihan kekuasaan lewat KLB oleh kader partai sendiri. kasus PDI misalnya. di era demokrasi sekarang, demokrat justru diambil alih oleh pejabat negara yang mestinya melindungi semua partai. ironi luar biasa," ungkap Mujani melalui akun Twitter pribadinya @saiful_mujani, Jumat (5/3/2021), malam.

"Demokrasi dunia sekarang memang sedang mundur (backsliding). menurut studi terakhir Haghar dan Kufman (2021) penyebanya adalah tindakan-tindakan politik oleh pejabat yang justeru hasil demokrasi sendiri. kita mungkin masuk di sini," imbuhnya.

Baca Juga : KLB Partai Demokrat, Pengamat: De Javu Apa yang SBY Lakukan ke Anas Urbaningrum

Sebelumnya, sejumlah pihak, salah satunya Jhoni Allen menggelar KLB Partai Demokrat di The Hill Hotel & Resort, Sibolangit, Sumatera Utara. Kongres itu menetapkan KSP Moeldoko sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat. Penetapan Moeldoko sebagai Ketum Partai Demokrat berlangsung begitu cepat.

Baca Juga : Pakar Hukum : Jika Peserta KLB Demokrat Bawa Mandat Palsu Bisa Dituduh Pemalsuan Surat

"Memutuskan, menetapkan Jenderal (Purn) Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2021-2025," kata pimpinan sidang KLB, Jhoni Allen Marbun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini