Soal KLB Sumut, Andi Mallarangeng Percaya Integritas Menkumham

Felldy Utama, iNews · Sabtu 06 Maret 2021 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 06 337 2373371 soal-klb-sumut-andi-mallarangeng-percaya-integritas-menkumham-FjiDCpsEUI.jpg Andi Mallarangeng (Foto : tangkapan layar)

JAKARTA - Partai Demokrat berharap Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yassona H Laoly bisa menjaga integritasnya saat menentukan keabsahan dari penyelenggaraan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai demokrat di Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), Jumat (5/3/2021).

Hal itu diungkapkan Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng menanggapi rencana anggota KLB untuk mendaftarkan kepengurusan di bawah kepemimpinan Moeldoko ke Kemenkumham.

"Pertanyaannya adalah Kumham sikapnya bagaimana? Saya sih masih percaya teman-teman di Kemenkumham, termasuk Menteri Hukum dan HAM, Yassona Laoly akan bisa menjaga integritasnya untuk melihat secara jernih apakah syarat untuk melakukan KLB telah dipenuhi sesuai dengan AD/ART," katanya dalam diskusi MNC Trijaya Network, Sabtu (6/3/2021).

Dia mengingatkan, menteri asal PDI Perjuangan itu sebelumnya telah memutuskan kepengurusan yang sah Partai Demokrat adalah kepengurusan di bawah kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Bahkan, AD/ART yang disahkan lewat lembaran negara merupakan AD/ART hasil penyelenggaraan Kongres 2020.

"Nah kalo itu tidak sesuai, tidak memenuhi syarat, ya mestinya ditolak pendaftarannya. Biarlah mereka menjadi gerombolan-gerombolan hantu yang tidak punya keabsahan jelas," ujar dia.

Baca Juga : Saiful Mujani Nilai Lonceng Kematian Demokrat Ada di Tangan Yassona Laoly

Dalam diskusi Polemik MNC Trijaya Network dengan tajuk 'Nanti Kita Cerita Tentang Demokrat Hari Ini' juga turut menghadirkan sejumlah narasumber lainnya seperti; pengurus pusat Partai Demokrat Versi KLB, Max Sopacua; Pakar Politik LIPI, Siti Zuhro; Anggota Presidium Perhimpunan Pergerakan Indonesia, Sri Mulyono; dan Pakar Hukum Tata Negara, Juanda.

Baca Juga : Pasca KLB Partai Demokrat, Ketum PAN Tulis Surat Terbuka: Sudah Saya Buka Pintu Maaf Lebar-lebar

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini