Antisipasi Polri Cegah Vaksin Covid-19 Palsu Masuk ke Indonesia

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 05 Maret 2021 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 05 337 2372862 antisipasi-polri-cegah-vaksin-covid-19-palsu-masuk-ke-indonesia-dBGmYx2vsJ.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Sejumlah antsipasi dilakukan Mabes Polri, yaitu sejumlah langkah pengamanan untuk mencegah masuknya vaksin Covid-19 palsu ke Indonesia. Langkah polisi ini bersifat membackup lembaga yang bertanggung jawab mendatangkan vaksin Covid-19.

"Yang jelas soal vaksin palsu ini ada pihak yang akan bertanggung jawab di situ. Tetunya Polri akan membackup untuk mengantisipasi vaksin palsu itu," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di kantornya, Jakarta Selatan, Jumat (5/3/2021).

Meski begitu, Rusdi menekankan, sampai saat ini di Indonesia belum ada temuan atau indikasi soal vaksin Covid-19 yang palsu. "Tapi sejauh ini di Indonesia belum ada kasus vaksin palsu," ujar Rusdi.

Di sisi lain, Rusdi mengungkapkan, Polri akan melakukan pengamanan sejak vaksin tersebut didatangkan dari luar negeri ke Indonesia. "Polri telah melaksanakan pengamanan mulai kedatangan vaksin di Bandara Soetta (Soekarno Hatta)," ucap Rusdi.

Selain kedatangan, Polri juga melakukan pengawalan saat proses distribusi vaksin Covid-19 ke wilayah di Indonesia. Serta, mengamankan ketika teknis vaksinasi tersebut ke masyarakat. "Sampai pendistribusian vaksin di daerah, dan turut pula melaksanakan pengamanan kegiatan vaksinasi pada tempat/titik vaksinasi," ujar Rusdi.

Baca Juga : Jokowi Konfirmasi 4,6 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di RI Bulan Ini

Menurut Rusdi, seluruh upaya dan antisipasi tersebut merupakan bagian dari mendukung program vaksinasi nasional yang digagas oleh Pemerintah Indonesia. "Dan kegiatan pengamanan ini bersinergi dengan instansi terkait lainnya," ucap Rusdi.

Sekadar diketahui, Polisi di China dan Afrika Selatan menyita vaksin virus corona yang diduga palsu.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini