Lantik 4 Kapolda Baru, Kapolri Minta Waspadai Varian Baru Covid-19

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 04 Maret 2021 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 337 2372342 lantik-4-kapolda-baru-kapolri-minta-waspadai-varian-baru-covid-19-7q3UulLBlY.jpg Kapolri Jenderal Listyo Sigit (foto: Sindo)

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan instruksi kepada empat Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) yang baru dilantik di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (4/3/2021).

Salah satu pesannya soal penanganan Pandemi Covid-19 atau virus corona.

Sigit menekankan, para pejabat baru yang dilantik terutama Kapolda, harus memperhatikan soal pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca juga: Hadapi Varian Baru Covid-19, Epidemiolog : Penerapan 5M & 3T Harus Ditingkatkan

"Pejabat baru agar melaksanakan PPKM mikro bagi yang masuk dalam 7 Polda, sedangkan yang lain melaksanakan kegiatan imbangan," kata Sigit.

Baca juga: Kapolri Lantik 4 Kapolda Baru, Termasuk Nana Sujana

Disisi lain, Sigit juga menekankan soal munculnya varian baru virus corona B.1.1.7 yang diketahui sudah masuk ke Indonesia. Ia pun meminta jajarannya untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

"Ada varian Covid baru yang sangat cepat penyebarannya. Turun cek ke bawah agar anggota benar-benar melaksanakan dengan baik," ujar eks Kabareskrim itu.

Mantan Kapolda Banten ini juga meminta jajarannya untuk cepat melakukan testing, tracing dan treatment (3T) dengan berkoordinasi dengan Forkopimda.

Selain itu, Sigit juga meminta agar jajarannya selalu mengawal program vaksinasi nasional, hingga membantu program pemulihan ekonomi nasional.

"Laksanakan, pengawasan dan pendampingan program dari pemerintah seperti UMKM. Proyek padat karya oleh pemerintah pusat maupun daerah berikan pendampingan agar dikawal," ucap Sigit.

Anggota Polri, lanjut Sigit, diminta mendengar keluhan masyarakat yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi dan memberikan solusi agar mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

"Semoga perkembangan ekonomi bisa kembali normal maka perlu pendampingan dengan baik," tutur Sigit.

Ia pun mengingatkan jajarannya agar melakukan penanganan perkara dengan mengedepankan restorativ justice, agar rasa keadilan dapat dirasakan dan diawasi pelaksanaan agar tidak terjadi penyelewengan.

"Lalu tentang mafia tanah seperti pengembangan perkebunan dan lain-lain mohon jadi perhatian," tuturnya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini