Diresmikan Jokowi, Bendungan Sindang Heula Bisa Dijadikan Destinasi Wisata

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 04 Maret 2021 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 337 2372283 diresmikan-jokowi-bendungan-sindang-heula-bisa-dijadikan-destinasi-wisata-rYp3XZNyHK.jpg Bendungan Sindang Heula (Foto : Kementerian PUPR)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Bendungan Sindang Heula yang terletak di Kecamatan Pabuaran, Serang, Banten, dapat mebjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat. Selain sebagai destinasi wisata, bendungan tersebut berfungsi sebagai sarana konservasi yang manfaatnya dapat dinikmati masyarakat.

"Kalau saya melihat waktu tadi masuk ini juga bisa menjadi destinasi wisata baru di Provinsi Banten dan juga mungkin bisa menarik dari provinsi lain di luar Provinsi Banten," kata Jokowi saat meresmikan Bendungan Sindang Heula.

Kepala Negara mengingatkan agar Bendungan Sindang Heula ini dijaga dengan baik. Dengan demikian manfaatnya bisa dirasakan khalayak.

"Saya minta pemerintah daerah dan masyarakat menjaga dan memanfaatkan bendungan ini sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita," jelas Jokowi.

Menurut Jokowi, bendungan ini akan meningkatkan produktivitas pertanian. Sebab kapasitas bendungan tersebut sebesar 9,3 juta meter kubik. Dengan kapasitas sebesar itu, bendungan ini akan memberikan manfaat irigasi terhadap 1.280 hektare (ha) sawah yang ada di Serang dan pada umumnya di Provinsi Banten.

Jokowi juga berharap bendungan ini mampu memberikan nilai tambah yang besar bagi petani di Banten dalam menjamin ketersediaan air. Alhasil produktivitas akan meningkat dan mampu menjaga ketahanan pangan.

Jokowi melanjutkan, Bendungan Sindang Heula menyediakan air baku bagi daerah-daerah industri yang berkembang di Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon. Dan, bendungan ini mampu menyediakan air baku hingga 0,80 meter kubik per detik.

"Ini sudah dimulai digunakan oleh Provinsi separuhnya, 0,40 meter kubik per detik," ucapnya.

Baca Juga : Resmikan Bendungan Sindang Helua, Jokowi: Bermanfaat Terhadap 1.200 Hektare Sawah

Dia menambahkan, bendungan ini juga bermanfaat untuk pengendalian banjir dengan mereduksi, mengurangi banjir 50 meter kubik per detik, dari meluapnya sungai Ciujung dan Cidurian.

"Bendungan ini juga berfungsi untuk pembangkit listrik, bisa menghasilkan 0,40 megawatt. Ke depan ini bisa dimanfaatkan juga oleh provinsi Banten dan kita tidak ingin bergantung pada energi fosil karena nanti ini hydro power," tutup Jokowi.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini