Varian Baru Covid-19 Masuk Indonesia, BIN Siapkan Langkah Strategis

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 04 Maret 2021 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 04 337 2372279 varian-baru-covid-19-masuk-indonesia-bin-siapkan-langkah-strategis-m31lWGuKZh.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) akan melakukan langkah strategis setelah varian baru virus corona B117 ditemukan di Indonesia. Salah satu langkah itu antara lain meningkatkan kerja sama dalam pengembangan riset untuk menghadapi mutasi virus ini.

Deputi VII Bidang Komunikasi dan Informasi BIN, Wawan Purwanto, mengatakan pihaknya terus mencermati varian baru mutasi virus corona yang diduga berawal dari Inggris.

"BIN juga terus melakukan berbagai langkah-langkah strategis sesuai kewenangannya, termasuk mitigasi, seiring munculnya kasus mutasi virus corona B117 yang terjadi di beberapa negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina," kata Wawan melalui keterangan tertulis, Kamis (4/3/2021).

Wawan menuturkan, pemerintah telah berupaya melakukan antisipasi masuknya strain baru virus corona tersebut. Salah satunya dengan memperketat masuknya warga negara asing (WNA) ke Indonesia dan melarang penerbangan dari berbagai negara yang diduga terpapar virus varian baru tersebut.

Baca Juga : Varian Baru Virus Corona Masuk Indonesia, DPR Pertanyakan Pengawasan di Bandara

"BIN dan berbagai stakeholder lainnya terus berkoordinasi dan meningkatkan kerja sama, termasuk dalam pengembangan berbagai riset untuk menghadapi mutasi virus ini, termasuk mencari model penanganan yang lebih efektif dan tepat atas mutasi virus corona," ucap Wawan.

BIN mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan meningkatkan disiplin protokol kesehatan 5M guna mengantisipasi virus ini.

Kemudian BIN bekerja sama dengan stakeholder lainnya meningkatkan upaya mitigasi dan penelitian untuk memutus rantai penularan Covid-19, termasuk dengan mendorong lahirnya obat maupun vaksin karya anak bangsa.

Baca Juga : BIN Gelar Rapid Test Antigen di Zona Merah Covid-19

"Memperketat penerapan PPKM Mikro. Mengimbau seluruh elemen dan komponen bangsa bergotong royong berpartisipasi mengatasi pandemi Covid-19 dan optimis menang lawan corona. Mengimbau masyarakat mengikuti program vaksinasi," tutur Wawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini