Jokowi: Pandemi Corona Tak Pernah Ada Pembandingnya dalam Sejarah

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 03 Maret 2021 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 337 2371607 jokowi-pandemi-corona-tak-pernah-ada-pembandingnya-dalam-sejarah-iAncSHOdHX.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pandemi Covid-19 memberikan pembelajaran yang berharga untuk bangsa. Bencana nonalam tersebut tidak pernah ada pembandingnya dalam sejarah. Penanganan sektor kesehatan dan ekonomi yang berbarengan menjadi tantangan tersendiri yang harus dilalui.

"Dalam satu tahun ini kita telah diberi pengalaman, diberi pelajaran yang sangat luar biasa bukan hanya bencana alam, tapi juga bencana nonalam berupa pandemi covid. Dan dalam menghadapi bencana kemanusiaan yang tidak pernah ada pembandingnya dalam sejarah, sisi kesehatan dan ekonomi harus dielsesaikan dalam waktu bersamaan," kata Jokowi saat membuka Rakornas Penanggulangan Bencana 2021 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Jokowi berujar penanganan kesehatan dan ekonomi harus dilakukan tidak hanya berskala lokal atau nasional, tapi juga global. Pasalnya lebih dari 215 negara di berbagai belahan dunia mengalami hal serupa. Oleh sebab itu, kecepatan kerja, inovasi dan kolaborasi menjadi kunci untuk dapat keluar dari pandemi corona ini.

Baca Juga: Varian Baru Virus Corona B117 Ditemukan di Karawang, Ini Reaksi Ridwan Kamil

Dalam konteks penanganan bencana nasional, Jokowi memberi apresiasi dan penghargaan tinggi kepada seluruh jajaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ia menyebut pandemi corona harus dijadikan momentum untuk memperkokoh ketangguhan bangsa dalam menghadapi segala bentuk bencana.

"Pengalaman ini harus kita jadikan sebagai momentum untuk memperkokoh ketangguhan kita dalam menghadapi segala bentuk bencana," jelasnya.

Dalam pembukaan Rakornas Penanggulangan Bencana 2021, turut hadir Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo. Selain di Istana, kegiatan ini juga diikuti secara virtual oleh jajaran BPBD.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini