Jokowi: Indonesia Hadapi 3.253 Bencana di 2020, Tertinggi di Dunia

Fahreza Rizky, Okezone · Rabu 03 Maret 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 337 2371604 jokowi-indonesia-hadapi-3-253-bencana-di-2020-tertinggi-di-dunia-jsVeV4Yx4S.jpg Presiden Jokowi (Foto : BPMI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia menghadapi 3.253 bencana pada 2020, artinya ada kurang lebih sembilan bencana setiap harinya. Angka itu didapatkan Jokowi dari Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo.

"Tadi Pak Doni menyampaikan satu tahun kemarin saja kita menghadapi 3.253 bencana, per hari kurang lebih sembilan bencana. Bukan sebuah angka yang kecil tapi cobaan, ujian dan tantangan itu yang harus kita hadapi baik bencana hidrometeorologi maupun geologi," ujarnya saat membuka Rakornas Penanggulangan Bencana 2021 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/3/2021).

Atas kondisi itu, Jokowi mengingatkan semua pihak bahwa Indonesia menduduki ranking tertinggi negara paling rawan bencana. Terlebih jumlah penduduk di Tanah Air sangatlah banyak dan itu amat berkaitan dengan risiko jumlah korban ketika bencana melanda.

"Kita sekali lagi menduduki ranking tertinggi negara paling rawan bencana karena jumlah penduduk kita juga besar sehingga risiko jumlah korban yang terjadi bila ada bencana juga sangat besar," tuturnya.

Menurut Jokowi, kunci utama dalam mengurangi risiko bencana terletak pada aspek pencegahan dan mitigasi. Ia pun selalu menyampaikan berulang-ulang bahwa hal ini sangat penting. Kepala Negara tidak ingin Indonesia terkesan reaktif, artinya baru pontang panting ketika bencana melanda.

Baca Juga : Dihantam Badai, Kapal Motor Angkut 20 WNA Ukraina Terbalik

"Saya melihat kunci utama dalam mengurngi risiko terletak pada aspek pencegahan dan mitigasi bencana. Ini yang selalu saya sampaikan berulang-ulan. Pencegahan. Jangan terlambat, ini bukan berarti aspek yang lain dalam manejemen bencana tidak kita perhatikan, bukan itu, tapi jangan juga kita bersifat reaktif saat bencana terjadi, kita harus persiapkan diri dengan antisipasi yang terencana baik," tuturnya.

Dalam pembukaan Rakornas Penanggulangan Bencana 2021, turut hadir Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo. Selain di Istana, kegiatan ini juga diikuti secara virtual oleh jajaran BPBD.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini