KPK Usut Kasus Dugaan Suap Pajak di Kemenkeu

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Selasa 02 Maret 2021 19:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 337 2371096 kpk-usut-kasus-dugaan-suap-pajak-di-kemenkeu-k9GO4wENmB.jpg Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan bahwa pihaknya tengah mengusut kasus dugaan suap pajak di Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Baca juga: Sri Mulyani: Saya Jengkel Masih Ada Korupsi di Ditjen Pajak

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata belum bersedia merinci kasus tersebut. Kata dia, penyidik tengah mencari alat bukti untuk menetapkan tersangka.

Baca juga: KPK "Seret" 3 Pegawai Pajak ke Persidangan terkait Kasus Suap

"Kita sedang penyidikan betul, tapi tersangkanya nanti dalam proses penyidikan itu kan mencari alat bukti untuk menetapkan tersangka. Ini yg sedang kita lakukan," ujar Alex kepada wartawan, Selasa (2/3/2021).

Alex meminta semua pihak untuk menghargai proses yang sedang dikerjakan tim penyidik. Dia pun berjanji akan menyampaikan keterangan rinci setelah penetapan tersangka dalam kasus dugaan suap di Ditjen Pajak Kemenkeu.

"Nanti kalau sudah alat buktinya cukup, tentu akan kita ekspose. Ekspose ke temen-temen wartawan, biar temen-temen penyidik sekarang bekerja sehingga buktinya cukup kuat, nanti kita tetapkan tersangka langsung kita tahan orangnya, proses berikutnya cepat," jelas dia.

Ia mengungkapkan, motif kasus suap pajak tersebut mengenai penanganan dan pemeriksaan pajak. Misalnya, sebuah perusahaan harus menyuap oknum pejabat pajak agar pajaknya direndahkan.

"Biasa lah kalau dipajak itu kan ya seperti penanganan pajak sebelumnya. Pemeriksaan pajak gimana caranya supaya itu rendah, prinsipnya begitu. Selalu ada imbal balik ketika itu menyangkut perpajakan itu ada kepentingan PT dengan pejabat pajak," sambung dia.

"Kalau mau pajaknya rendah ada upahnya kan gitu, tentu semuanya itu melanggar ketentuan peraturan di bidang perpajakan," sambung Alex.

Dia menyebut, total kasus dugaan suap pajak tersebut bernilai puluhan miliar rupiah. "Nilai suapnya besar juga puluhan miliar juga," kata Alex.

Menurut Alex, penyidik telah melakukan penggeledahan di beberapa tempat terkait kasus suap pajak tersebut. Bahkan, KPK telah berkoordinasi dengan Inspektorat Jenderal Kemenkeu.

"Sudah (geledah) dan kita juga sudah koordinasi dengan Inspektorat jenderal Kemenkeu, agar apa? Ini kita sinergi. Jadi satu sisi kita tangani suapnya, nanti temen-temen Itjen dan Ditjen pajak itu akan melakukan pemeriksaan uang," pungkasnya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini