Sindiran Nyelekit Gus Miftah untuk Pemerintah yang Ingin Legalkan Miras

Tim Okezone, Okezone · Selasa 02 Maret 2021 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 337 2370893 sindiran-nyelekit-gus-miftah-untuk-pemerintah-yang-ingin-legalkan-miras-W2qvo7I9Cf.jpg Tangkapan layar media sosial

JAKARTA - Beberapa waktu ini, minuman keras (miras) menjadi topik panas yang ramai diperbincangkan warganet di media sosial. Hal ini bermula ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) meneken Peraturan Presiden (perpres) No 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.

(Baca juga: Gus Miftah Geram Namanya Dicatut di Acara Dukun)

Dalam perpres baru itu, investasi miras menjadi salah satu poin yang ikut diatur oleh pemerintah. Poin ini menyebutkan bahwa investasi miras dapat dilakukan di 4 daerah, yang bahkan bisa bertambah jika ada usulan dari gubernur.

(Baca juga: Muhammadiyah: Legalkan Miras Merusak Akhlak dan Meningkatkan Kriminalitas)

Salah satu tokoh yang turut menyuarakan penolakan legalkan miras adalah pengasuh Pondok Pesantren Ora Aji, Miftah Maulana Habiburrahman atau yang akrab disapa Gus Miftah. Lewat akun Instagram pribadinya @gusmiftah, Ia menggunggah video yang membahas mengenai pandangannya terkait rencana investasi miras yang digarap pemerintah.

“Saya yang termasuk orang yang paham betul akan dampak negatif dari miras, karena kebetulan saya termasuk orang yang sering mengikuti pengajian dari korban-korban dari miras,” ucap Miftah dikutip Okezone, Selasa (2/3/2021).

Pada video berdurasi 45 detik itu, Gus Miftah secara buka-bukaan menyatakan penolakannya terhadap rencana pemerintah itu. Ia menilai tak ada alasan yang bisa membenarkan investasi miras di Indonesia.

“Maka saya tidak setuju dengan rencana pemerintah, membuka pabrik-pabrik miras di Indonesia, walaupun dengan alasan akan memberikan keuntungan bagi negara,” jelas pria kelahiran tahun 1981 itu.

Tak etis baginya jika pemerintah memakai miras untuk sekadar memberikan keuntungan bagi negara. Menurutnya, masih banyak usaha-usaha lain di luar sana yang halal untuk pemerintah coba lakukan.

Gus Miftah yang terkenal sebagai pribadi santai dan juga senang bercanda, melontarkan candaan untuk mengakhiri video unggahannya. Dia menyebutkan ada miras yang ternyata halal untuk dikonsumsi, yaitu es batu.

“Maka dear pemerintah please, minuman keras yang halal dan layak dikonsumsi cuma satu.. Apa Gus? Es batu,” guraunya mengakhiri video pendek itu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mencabut Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Dalam beleid tersebut, poin yang menjadi sorotan sejumlah pihak adalah soal investasi minuman keras (miras).

(Timothy Putra Noya)

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini