Muhammadiyah Apresiasi Jokowi Cabut Aturan Terkait Investasi Miras

Irfan Ma'ruf, iNews · Selasa 02 Maret 2021 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 337 2370852 muhammadiyah-apresiasi-jokowi-cabut-aturan-terkait-investasi-miras-p1JkRYTC69.jpg Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto. (Foto : suaramuhammadiyah.id)

JAKARTA - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mencabut aturan mengenai investasi minuman keras yang tercantum dalam lampiran Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021. PP Muhammadiyah siap mendukung pemerintah meningkatkan perekonomian bangsa yang tak bertentangan dengan Pancasila.

"Mendukung usaha-usaha pemerintah dalam memajukan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Sekretaris PP Muhammadiyah, Agung Danarto dalam konrensi pers, Selasa (2/3/2021).

Meski begitu, Agung menyarankan agar setiap usaha peningkatan perekonomian negara berpijak pada nilai-nilai Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, norma-norma budaya bangsa yang utama, dan nilai-nilai ajaran agama.

"Selain meningkatkan kesejahteraan material, pemerintah juga berkewajiban membina mental, spiritual, dan akhlak bangsa yang sejalan dengan spirit Indonesia Raya serta memelihara budaya bangsa yang berkeadaban sesuai nilai Bhinneka Tunggal Ika," tuturnya.

Muhammadiyah meminta pemerintah melakukan peningkatan ekonomi masyarakat dengan mengedepankan pada industri yang berbasis kejayaan sumber daya alam dan hajat orang banyak.

"Seperti pertanian, kelautan, dan usaha kecil-menengah," ujarnya.

Baca Juga : Presiden Jokowi Cabut Aturan Terkait Investasi Miras

Sebelumnya, Jokowi memutuskan mencabut lampiran Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Dalam Perpres tersebut Jokowi menetapkan industri minuman keras masuk dalam Daftar Positif Investasi (DPI) mulai 2 Februari 2021.

"Bersama ini, saya sampaikan, saya putuskan lampiran Perpres terkait pembukaan investasi baru dalam industri minuman keras yang mengandung alkohol saya nyatakan dicabut," ujar Jokowi dalam jumpa pers, Selasa (2/3/2021).

Baca Juga : Tolak Perpres Investasi Miras, MUI Ingatkan Fatwa No 11/2009

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini