Terpuruknya ISIS Jadi Momentum Kebangkitan Kelompok Jamaah Islamiyah

Rakhmatulloh, Sindonews · Selasa 02 Maret 2021 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 337 2370719 terpuruknya-isis-jadi-momentum-kebangkitan-jamaah-islamiyah-rL1ctheEFl.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

JAKARTA - Selama dua pekan Detasemen Khusus 88 (Densus 88) Mabes Polri berhasil meringkus para terduga teroris. Baru-baru ini, Polri meringkus 12 orang terduga teroris di Jawa Timur yang dianggap berafiliasi dengan kelompok Jamaah Islamiyah (JI).

Menanggapi hal ini, Pengamat Intelijen dan Keamanan, Stanislaus Riyanta meminta negara mewasapadai gerakan ini. Ia melihat, gerakan mereka 'diam-diam' memanfaafkan situasi keamanan dalam negeri.

"(Terduga teroris yang ditangkap) ini kelompok Al-Jamaah Al-Islamiyyah, yang selama ini memang di bawah permukaan melakukan konsolidasi," ungkapnya saat dihubungi, Selasa (2/3/2021).

Baca juga:  Pendanaan Kelompok Jamaah Islamiyah Berasal dari Anggotanya

Stanislau mengatakan, kelompok ini yang disebutnya berafiliasi dengan Al-Qaeda, dan dicurigai banyak anggotanya yang mantan kombatan Afganistan dan Filipina ikut bergabung.

Baca juga:  Densus 88 Kembali Tangkap Terduga Teroris di Surabaya

Untuk itu, aparat kemanan kita harus lebih waspada dan antisipatif, karena aksi-aksi yang pernah dilakukan JI dampaknya sangat besar seperti aksi Bom Bali I-II dan Bom JW Marriot.

"Mereka terlatih dan militan. Terpuruknya ISIS menjadi momentum kebangkitan JI," ujar Alumni S2 Kajian Stratejik Intelijen Universitas Indonesia (UI) itu.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini