Peristiwa 2 Maret: Lahirnya Dai Sejuta Umat

Tim Okezone, Okezone · Selasa 02 Maret 2021 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 337 2370579 peristiwa-2-maret-lahirnya-dai-sejuta-umat-1C8SWFqfsU.jpg KH Zainuddin MZ (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 2 Maret. Mulai dari kelahiran KH Zainuddin MZ hingga pangeran Charels tewas dibunuh.

Berikut peristiwa yang pernah terjadi pada 1 Maret seperti dikutip Okezone dari Wikipedia:

2 Maret 1127

Charels adalah pangeran yang jadi pemimpin Provinsi Flandria dari 1119 Masehi. Dia tewas dibunuh oleh musuhnya saat berlutut dan berdoa di Gereja Sint-Donas pada 2 Maret 1127.

Charles dikenal sebagai pemimpin yang pro pada kaum miskin, sehingga dirinya dimusuhi kaum bangsawan. Mereka merancang pembunuhan terhadap Charles.

Baca Juga:  Peristiwa 20 Juni : Jerman Pindah Ibu Kota

Pembunuhan Charles mengundang kemarahan rakyat. Para keluarga Erembald yang berada di balik pembunuhan itu kemudian disiksa sampai mati oleh rakyat.

2 Maret 1476

Terjadi Perang Burgundia merupakan konflik antara Adipati Burgundia melawan Raja Prancis yang melibatkan Konfederasi Swiss. Perang terbuka meletus pada 1474 yang menyebabkan beberapa tanah Burgundia jadi bagian dari Prancis.

Perang Burgundia: Konfederasi Swiss Lama menyerahkan Raja Charles si Botak, Duke dari Burgundia, kekalahan besar-besaran dalam Pertempuran Grandson di Kanton Neuchâtel.

2 Maret 1952

Adalah hari kelahiran K.H. Zainuddin Hamidi atau tersohor dengan Zainuddin MZ, pendakwah Islam yang ceramah-ceramahnya mewarnai berbagai stasiun radio dan televisi. Kaset berisi ceramahnya juga laku keras di pasaran.

Baca Juga:  Kisah 3 Patung Buddha Emas dan Kota yang Hilang di Lereng Pegunungan Lasem

Zainuddin MZ dijuluki "Dai Sejuta Umat" karena dakwahnya begitu disukai dan diterima berbagai lapisan masyarakat. Lokasi dakwahnya selalu diserbu jamaah.

Pasca orde baru runtuh, Zainuddin mendeklarasikan PPP Reformasi yang kemudian berubah jadi Partai Bintang Reformasi (PBR). Dia sempat menjadi ketua umum PBR pada 2006.

Zainuddin yang merupakan lulusan IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta kemudian mundur dari politik dan kembali ke jalur dakwah. Dia mengembuskan napas terakhir pada 5 Juli 2011.

2 Maret 1956

Maroko menyatakan merdeka dari Prancis pada 2 Maret 1956. Rakyat Maroko turun ke jalan berpesta menyambut kemerdekaan yang diberikan oleh Prancis dan sejurus kemudian Spanyol juga meninggalkan negara tersebut.

Indonesia adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Maroko. Indonesia yang dipimpin Presiden Soekarno mengirimkan Duta Besar pertama RI untuk Kerajaan Markoko yaitu GPH Djatikoesoemo. Dia jadi Dubes RI untuk Maroko sejak 1 Juli 1965.

2 Maret 1995

Yahoo resmi berdiri pada tanggal ini. Yahoo, perusahaan internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat terkenal dengan portal webnya dan mesin pencarinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini