Din Syamsuddin Kenang Artidjo Alkostar sebagai Hakim Pemberani, Jujur, dan Adil

Antara, · Senin 01 Maret 2021 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 337 2370067 din-syamsuddin-kenang-artidjo-alkostar-sebagai-hakim-pemberani-jujur-dan-adil-34L45mnyP8.jpg Din Syamsuddin. (Foto : Okezone)

JAKARTA - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, mengenang mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar yang meninggal pada Minggu (28/2/2021) sebagai sosok hakim pemberani.

"Almarhum Artidjo Alkostar adalah sosok hakim pemberani, jujur, dan adil. Dia bagaikan Dewi Themis dengan mata tertutup menegakkan timbangan yang seimbang," kata Din dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin (1/3/2021).

Sebagai hakim, kata Din, Artidjo Alkostar meyakini ajaran Alqur'an bahwa di atas para hakim ada Ahkamul Hakimin, Allah SWT Yang Maha Adil.

Kewafatan Anggota Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu, lanjut Din, adalah kedukaan bagi banyak dari kita rakyat Indonesia pencinta kebenaran, kejujuran, dan keadilan.

"Kepergiannya ke rahmat Allah SWT adalah kehilangan besar bagi Bangsa Indonesia di tengah problematika penegakan hukum yang cukup serius. Ruh penegakan hukum yang sesungguhnya keadilan acapkali hilang terganti ketakadilan," ujarnya.

Selamat kembali menemui Sang Pencipta Yang Maha Adil di jannatul firdaus, kata Din Syamsuddin.

Sebagaimana diketahui, Artidjo Alkostar pernah menjadi Direktur LBH Yogyakarta, dosen Fakultas Hukum UII dan Hakim Agung sejak 2000 hingga 2018 dan sudah menangani 19.483 perkara.

Baca Juga : Para Pencinta Keadilan Kehilangan Sosok Artidjo Alkostar

Artidjo Alkostar menyelesaikan pendidikan SMA di Asem Bagus, Situbondo. Selanjutnya melanjutkan studi di Fakultas Hukum (Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan melanjutkan Master of Laws di Nort Western University, Chicago serta melanjutkan S3 di Universitas Diponegoro Semarang dan mendapatkan gelar Doktor Ilmu Hukum pada 2007.

Baca Juga : Melayat Jenazah Artidjo, Jokowi: Beliau Penegak Hukum yang Jujur dan Berintegritas

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini