Para Pencinta Keadilan Kehilangan Sosok Artidjo Alkostar

Rakhmatulloh, Sindonews · Senin 01 Maret 2021 07:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 01 337 2369945 para-pencinta-keadilan-kehilangan-sosok-artidjo-alkotsar-fXqNRikRSv.jpg Artidjo Alkostar semasa hidup (Dok Okezone)

JAKARTA -  Kabar meninggalnya mantan Hakim Agung, Artidjo Alkostar, meninggalkan duka yang mendalam bagi masyarakat Indonesia. Pria yang dijuluki "algojo koruptor" itu berpulang ke Pangkuan Tuhan pada Minggu 28 Februari 2021 akibat penyakit yang dideritanya. Sebelum meninggal dunia, Artidjo merupakan Dewan Pengawas KPK.

"Saya dan para pencinta keadilan lainnya betul-betul kehilangan atas wafatnya Pak Artidjo," kata Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Robikin Emhas, Senin (1/3/2021).

Kiai Robikin, sapaan akrabnya, mengaku mengenal almarhum sebagai sosok yang baik sewaktu sama-sama menjadi praktisi hukum yakni menjadi advokat dan pembela umum.

"Tanpa mengurangi keikhlasan hati terhadap takdir, saya sangat berduka atas wafatnya beliau," ucap Kiai Robikin.

Di mata dirinya, almarhum Artidjo bukan saja pembela hukum, tapi sekaligus keadilan. Bukan saja keadilan hukum dalam arti sempit sebagaimana termaktub dalam peraturan perundang-undangan atau hukum tertulis. Almarhum juga pembela dan penegak hukum dan keadilan yang hidup dan berkembang di hati sanubari masyarakat.

Baca Juga : Jenazah Artidjo Alkostar Dimakamkan di Kampung Halamannya di Situbondo

"Selamat kembali pulang, Pak Artidjo Alkostar. Kiranya Allah SWT ridlo atas apa yang Pak Artidjo lakukan di dunia dan memberi tempat terhormat di sisi-Nya. Semoga kami dan anak bangsa lainnya bersedia dan sanggup mengikuti jejakmu, menegakkan hukum dan keadilan tanpa pandang bulu," tuturnya.

Baca Juga : Haedar Nashir: Artidjo Alkostar Penegak Hukum yang Sudah Selesai dengan Dirinya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini