Pendiri Partai Sebut KLB Dilakukan untuk Selamatkan Demokrat

Angkasa Yudhistira, Okezone · Sabtu 27 Februari 2021 23:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 27 337 2369528 pendiri-partai-sebut-klb-dilakukan-untuk-selamatkan-demokrat-QuEQegnXH8.jpg Sejumlah pendiri Partai Demokrat menggelar konferensi pers (Foto : iNews.id)

JAKARTA - Pelaksanaan kongres luar biasa (KLB) untuk Partai Demokrat harus segera dilakukan sebagai jalan terbaik, hal tersebut disampaikan salah satu pendiri Partai Demokrat Hengky Luntungan. Ia berharap, melalui KLB kekisruhan internal bisa diselesaikan dan sosok pemimpin baru yang lebih berkompeten dapat dicari.

"Pertama, sebagai pendiri kami melihat kekisruhan yang terjadi karena tidak mampunya seorang pemimpin partai. Dalam hal ini saudara Agus Harimurti Yudhoyono," ujar Hengky dalam keterangannya, Sabtu (27/2/2021).

Ketidakmampuan itu, kata Hengky, dilihat dari diungkapnya persoalan internal partai ke hadapan publik. Sehingga, para pendiri sepakat untuk mencarikan solusi bagi Partai Demokrat. "Apa solusi itu? KLB yang harus dilakukan dalam rangka penyelamatan partai. Sikap kita untuk mengurai persoalan ini, yakni melakukan KLB tanpa ada rasa dendam, kebencian, menyudutkan," tutur Hengky.

Para pendiri partai pun sepakat untuk mendorong siapapun yang akan masuk dalam KLB nanti, baik dari eksternal maupun internal. Pihaknya juga menegaskan pelaksanaan KLB harus dilakukan berdasarkan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) yang benar-benar dilakukan saat kongres Partai Demokrat yang pertama.

"Artinya, jangan kita menciptakan dalam AD/ART bahwa saya seorang ayah jadi majelis tinggi. Lalu anak saya jadi ketua umum. Lalu kalau mau sesuai perintah saya, enggak bisa. Partai tidak akan selamat dengan cara dinasti seperti ini. Sehingga kami sebagai pendiri ingin nenjadikan motode Demokrat yang terbuka bagi siapapun bisa masuk," tuturnya.

Hengky mejelaskan, dalam pelaksanaan KLB nanti pendiri partai akan melibatkan diri secara aktif dalam rangka mengawal dan mengembalikan Partai Demokrat seperti sebelumnya.

"Dalam mengawal perencanaan pelaksanana KLB, tentunya kita bersepakat bersama. Tidak hanya pendiri, tetapi juga kepada seluruh yang selama ini berjuang, berbuat untuk mengambil peran memajukan partai," tambahnya.

Baca Juga : Pendiri Demokrat Klaim Bakal Gelar KLB Awal Maret

Baca Juga : Demokrat : Kalau Toh Ada KLB, Itu Abal-Abal

Sebelumnya, Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Syarief Hasan, membantah kabar akan digelarnya kongres luar biasa (KLB) pada awal Maret 2021. Dia menegaskan, tak ada kader yang menghendaki dilaksanakannya forum tersebut.

"Menyangkut Maret akan KLB, saya katakan tidak. Tidak akan mungkin ada KLB. Kalau toh ada KLB, itu abal-abal," kata Syarief dalam jumpa persnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini