Ribuan Pesantren Terdampak Pandemi Covid-19, Jokowi : Pemerintah Berikhtiar Ringankan Beban

Dita Angga R, Sindonews · Sabtu 27 Februari 2021 21:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 27 337 2369505 ribuan-pesatren-terdampak-pandemi-covid-19-jokowi-pemerintah-berikhtiar-ringankan-beban-niPqQMp58Z.jpg Presiden Jokowi (Foto : Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pandemi Covid-19 berdampak pada jutaan masyarakat di dunia. Termasuk ribuan pesantren di Indonesia.

“Ada ribuan pesantren dan lembaga pendidikan agama Islam yang juga terdampak. Pemerintah berusaha keras, berikhtiar meringankan beban masyarakat dengan bantuan sosial, program padat karya, serta program pemulihan ekonomi nasional kita,” katanya pada Peringatan Harlah ke-98 Nahdlatul Ulama (NU), Sabtu (27/2/2021).

Jokowi memastikan pemerintah akan membantu pesantren dalam menghadapi dampak pandemi. Menurutnya berbagai bantuan telah diberikan pemerintah kepada pesantren.

“Untuk pesantren pemerintah berusaha untuk memberikan bantuan operasional pendidikan pesantren, bantuan pembelajaran daring, insentif guru pondok pesantren dan beberapa program lainnya. Termasuk madrasah diniyah takmiliyah, madrasah ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah, serta madrasah aliyah,” tuturnya.

Baca Juga : Update Corona 27 Februari 2021: Positif 1.329.074 Orang, 1.136.054 Sembuh & 35.981 Meninggal

Pemerintah, kata Jokowi, juga menambah dukungan infrastruktur pendampingan pelatihan dan pengembangan model bisnis bagi pesantren. Hal ini untuk mewujudkan kemandirian ekonomi pesantren sebagaimana amanat UU pesantren.

“Dalam ikhtiar kita dalam menangani pandemi, kita harus bersyukur kepada Allah SWT. Karena berkat rahmat Nya bangsa kita tetap tangguh bersatu, bergotong royong, menghadapi pandemi. Saling membantu tanpa melihat perbedaan. Saling peduli untuk meringankan beban dan kesulitan saudara-saudara kita,” pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini