Kemenkes Klaim Vaksinasi Covid-19 Nakes Capai 100%

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 26 Februari 2021 15:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 337 2368871 kemenkes-klaim-vaksinasi-covid-19-nakes-capai-100-8L0CVm35v8.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

JAKARTA - Plt. Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan, Ditjen P2P Kementerian Kesehatan, dr. Prima Yosephine mengatakan, saat ini vaksinasi tenaga kesehatan (nakes) sudah mencapai lebih dari 100% dari total target 1.468.764 nakes yang mendapatkan vaksinasi.

Angka ini, kata Prima, ada beberapa nakes yang pada tahap pencatatan pertama belum masuk dalam data target vaksinasi. Kemudian dilakukan vaksinasi susulan. Sehingga, total nakes yang sudah divaksinasi melebihi dari total target.

“Untuk yang nakes kita sudah mencapai lebih dari 100%. Mungkin angka ini karena memang ada beberapa nakes yang kemarin tidak masuk di dalam data ya. Tetapi artinya sebagian besar nakes, sebagian besar tenaga kesehatan sudah kita vaksinasi. Sekarang kita bergerak ke vaksinasi tahap berikutnya,” ungkap Prima dalam dialog “Efektifitas PPKM Mikro: Peran Penting Masyarakat Dalam Menekan Penyebaran Covid-19” secara virtual, Jumat (26/2/2021).

Baca juga:  Menkes Terbitkan Aturan Vaksinasi Mandiri, Vaksin Gotong Royong Gratis

Prima pun menegaskan, bahwa proses vaksinasi Covid-19 memang dilakukan bertahap karena melihat ketersediaan vaksin.

“Oke kalau untuk vaksinasi memang benar kita sedang bertahap ya. Mungkin teman-teman kita semua tahu, bahwa kita lakukan bertahap. Kenapa bertahap karena memang ketersediaan vaksin yaitu bertahap,” tuturnya.

Baca juga:  Guru Honorer Harus Dapat Jatah Vaksin Covid-19, DPR: Jangan Sampai Ada Pembedaan Status!

Sehingga, kata Prima, dalam vaksinasi terlebih dulu diberikan kepada kelompok paling berisiko terpapar.

“Sehingga dilihat dari tingkat risikonya maka kita melakukan kepada orang yang paling beresiko dulu, dalam hal ini petugas kesehatan. Lalu tahap sekarang kita sudah masuk ke tahap kedua.”

“Berisiko keduanya itu adalah lansia, kelompok usia 60 tahun ke atas. Dan juga kepada pelayan pelayan publik yang karena pekerjaannya dia tidak bisa untuk tidak bertemu dengan masyarakat, ya. Jadi ini harus segera kita imunisasi. Ini sekarang masuk ke tahap ini. Mudah-mudahan juga kita lihat atensi masyarakat demikian tinggi ya,” ungkap Prima.

Prima mengatakan, bahwa Presiden Joko Widodo juga berharap vaksinasi akan selesai dalam satu tahun untuk 181 juta lebih masyarakat Indonesia.

"Harapannya memang Pak Presiden juga meminta kan kepada kita untuk bisa selesai dalam satu tahun untuk seluruh masyarakat Indonesia yang jumlah sasarannya kurang lebih 181 juta lebih. Mudah-mudahan kita bisa,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini