Cegah Terjadi Konflik, Putra-Putri Papua Didorong Menjadi TNI -Polri

Fahmi Firdaus , Okezone · Jum'at 26 Februari 2021 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 337 2368850 cegah-terjadi-konflik-putra-putri-papua-didorong-menjadi-tni-polri-7RVVDzSIzi.jpg ilustrasi: Okezone

JAYAPURA – Konflik yang berkepanjangan di Papua, mengganggu stabilitas keamanan di Bumi Cendrawasih tersebut. Oleh karena itu Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinai mendorong putra-putri Papua mendaftarkan diri menjadi anggota TNI dan Polri.

(Baca juga: KSAD Jenderal Andika Terima Kenaikan Pangkat, 2 Pati Resmi Bintang 3)

“Dengan begitu mereka ikut berperan menjaga keamanan dan ketertiban di bumi Cenderawasih,” katanya di Jayapura, Kamis (25/2/2021).

Klemen Tinai menjelaskan, bila aparat keamanan merupakan masyarakat asli Papua akan ada nilai tambahnya, sebab mereka mengetahui kondisi geografis dan adat setempat. “Jadi putra-putri daerah lah yang menjaga keamanan di wilayah masing-masing,” sambungnya.

(Baca juga: Korban Penembakan Brutal di RM Cafe Ternyata Prajurit Elite TNI AD)

Menurutnya, belajar dari pengalaman kejadian dan konflik yang terjadi di Kabupaten Intan Jaya, semestinya daerah tersebut dijaga oleh warga setempat karena akan lebih memudahkan dalam berkomunikasi.

“Kita akan mendorong putra-putri terbaik Papua untuk bergabung menjadi TNI dan Polri dengan harapan akan lebih memahami karakter budaya masyarakat disini,” ujar Wagub.

Oleh karena itu, dia juga sudah berkoordinasi dengan Wabup Intan Jaya agar menyampaikan pesan ini kepada masyarakat. Mereka yang ingin menjadi anggota TNI dan Polri akan menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Papua untuk disampaikan ke pusat.

“Supaya putra dan putri daerah ini setelah selesai dididik akan dikembalikan ke daerahnya, sehingga dapat menjaga keamanan wilayah teritorialnya sendiri,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini