Bamsoet Dorong Pemerintah Anggarkan Santunan Kematian Korban Covid-19

Kiswondari, Sindonews · Kamis 25 Februari 2021 14:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 25 337 2368211 bamsoet-dorong-pemerintah-anggarkan-santunan-kematian-korban-covid-19-HTSvSy1q8B.jpg Bambang Soesatyo (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Ditiiadakannya santunan bagi keluarga korban yang meninggal dunia akibat Covid-19 di Kementerian Sosial (Kemensos) diumumkan oleh Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kemensos melalui surat edaran yang diterima media pada Senin 22 Februari 2021, alasannya karena anggaran santunan korban meninggal dunia akibat Covid-19 sudah tidak tersedia pada 2021.

Menanggapi hal ini, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta agar keputusan itu ditinjau ulang. Menurutnya, anggaran santunan itu tidak berpengaruh signifikan terhadap keuangan negara.

"Saya mendorong pemerintah dalam hal ini Kemensos untuk menganggarkan kembali melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan meninjau kembali keputusan penghapusan santunan korban meninggal dunia akibat Covid-19, mengingat besaran anggaran untuk santunan korban Covid-19 tidak akan berpengaruh signifikan terhadap keuangan negara," kata Bamsoet kepada wartawan di Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Mantan Ketua DPR RI ini juga mendorong agar pemerintah dalam hal ini Kemensos untuk dapat mengupayakan kembali santunan bagi ahli waris korban meninggal akibat Covid-19 dengan mengajukan revisi anggaran kepada Kemenkeu.

"Karena alokasi anggaran bantuan bagi korban meninggal dunia akibat covid-19 dapat meringankan beban keluarga korban dan pastinya masyarakat masih sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah tersebut," ujarnya.

Baca Juga : Cerita Wartawan saat Disuntik Vaksin Covid-19

Baca Juga : Wapres Sebut Kelompok Anti Vaksin Covid-19 Sudah Berkurang

Selain itu, kata politikus Partai Golkar ini juga mendorong pemerintah agar tetap berkomitmen memberikan bantuan ataupun santunan bagi masyarakat.

"Khususnya bagi korban meninggal dunia akibat Covid-19," pungkas Bamsoet.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini